Operasional Haji 1443 H di Makkah Selesai

Jakarta, MINA – Operasional haji di Makkah selesai. Para petugas Daerah Kerja Makkah kembali ke Tanah Air dalam dua gelombang, terakhir Ahad (7/8).

Kedatangan mereka disambut langsung Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Menteri  menyampaikan apresiasinya atas dedikasi para petugas haji.

“Alhamdulillah, semalam saya menyambut kedatangan para petugas haji. Siang ini saya juga kembali ke Cengkareng untuk menyambut para petugas. Saya memberikan apresiasi tinggi kepada mereka yang telah dengan ikhlas dan tanpa kenal lelah melayani para jamaah,” ujar Menag, Ahad (7/8).

Gelombang pertama, sebanyak 237 petugas tiba pada 6 Agustus 2022 pukul 23.00 WIB. Gelombang, kedua sebanyak 271 petugas tiba siang ini.

Yaqut mengatakan, petugas haji adalah garda terdepan dalam pelayanan kepada jamaah. Mereka yang selama operasional haji, memberikan pelayanan secara cepat hingga jamaah haji Indonesia merasa nyaman dan aman.

“Sejak awal saya memang berpesan, layanilah para jamaah seolah mereka adalah orang tua kita, saudara kita, kakak adik kita. Dan ternyata para petugas haji benar-benar melayani dengan total dan profesional,” katanya.

Menag berharap para petugas haji tetap sehat, kembali ke rumah dengan selamat dan bisa berkumpul lagi dengan keluarga masing-masing dengan penuh kegembiraan.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada sahabat-sahabat media yang tergabung dalam tim Media Center Haji (MCH). Para jurnalis dengan disiplin tinggi mengawal peliputan penyelenggaraan haji.

“Berkat teman-teman media, informasi dan kebijakan haji tersosialisasikan dengan baik ke jamaah. Anggota keluarga di Tanah Air juga bisa mengikuti tahapan penyelenggaraan ibadah haji para jamaah. Ini bagian dari komitmen kami untuk terus mengawal keterbukaan informasi dalam penyelenggaraan ibadah haji,” ujar Yaqut.

Operasional haji kini terfokus di Madinah. Para jamaah yang diberangkatkan pada gelombang kedua tengah menyelesaikan ibadah Arbain (salat wajib berjamaah selama 40 waktu di Masjid Nabawi). Mereka kemudian dipulangkan secara bertahap dari dari Madinah sejak 30 Juli 2022. Proses pemulangan jamaah dari Madinah akan berlangsung hingga 13 Agustus 2022. (R/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)