Oposisi Rakhine Tewaskan Sembilan Polisi Myanmar

Rakhine, MINA – Otoritas pada hari Ahad (10/3) telah mengkonfirmasi bahwa sembilan tewas, dalam serangan tengah malam oleh kelompok oposisi etnis di negara bagian Rakhine, Myanmar barat.

Kelompok oposisi etnis Rakhine, Arakan Army (AA), telah menggerebek sebuah kantor polisi di desa Yoetayote, dekat ibukota negara bagian Sittwe pada Sabtu tengah malam (9/3), yang terbaru dari beberapa serangan kelompok terhadap pasukan keamanan dan pejabat pemerintah di daerah itu.

Maung Maung Soe, wakil kepala kepolisian di negara bagian Rakhine membenarkan bahwa kesembilan polisi, yang berada di kantor, tewas dalam serangan itu.

“Sekitar seratus anggota AA mengepung kantor polisi, dan menuntut polisi untuk menyerah tadi malam (Sabtu malam). Pertempuran pecah ketika mereka menolak untuk melakukannya, ” katanya kepada Anadolu Agency melalui telepon pada hari Ahad.

“Sembilan polisi tewas oleh tembakan,” tambahnya.

Bentrokan bersenjata telah meningkat di negara bagian Rakhine, terutama di bagian utara, sejak Maret tahun lalu, ketika klaim AA mewakili mayoritas etnis Buddha negara bagian Rakhine yang kembali ke pasukan pangkalan di daerah itu.

Hampir 10.000 orang, sebagian besar beragama Buddha Rakhine, meninggalkan rumah mereka sejak militer melancarkan serangan di negara bagian Rakhine.

Hal itu setelah AA menewaskan sedikitnya 13 pasukan keamanan selama serangan terkoordinasi, yang dilakukan kepada empat penjaga pos polisi di pos-pos pos dekat perbatasan Myanmar dengan Bangladesh pada bulan Januari.

Di samping kelompok-kelompok oposisi aliansi, AA sebelumnya melawan pasukan pemerintah di negara bagian Kachin utara dan negara bagian Shan di timur laut. (T/Ast/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.