Organisasi HAM Palestina Peringatkan ‘Nakba Kedua’ di Gaza

, MINA – Tiga Organisasi Hak Asasi Manusia mengeluarkan peringatan keras mengenai pemindahan paksa warga Palestina di Jalur Gaza oleh , dengan mengatakan bahwa hal itu dapat menyebabkan Nakba (Bencana) lainnya di wilayah yang terkepung.

Menurut Pusat Informasi Palestina, Pusat Hak Asasi Manusia Palestina, Pusat Al Mezan, dan Yayasan Hak Asasi Manusia Al-Haq memberikan peringatan pada Senin (4/12), memperingatkan akan terulangnya peristiwa bersejarah, yang menyaksikan pembersihan etnis penduduk asli Palestina oleh apartheid. rezim pada tahun 1948.

“Israel tetap melaksanakan rencananya untuk mengusir penduduk Jalur Gaza keluar dari perbatasannya di tengah perang yang telah dilancarkan terhadap Jalur Gaza sejak 7 Oktober,” kata badan HAM tersebut dalam sebuah pernyataan, demikian Perss tv.

Baca Juga:  Mau Dapat Ridha Allah, Ini Panduan Berhias Bagi Muslimah

Israel memulai perang saat ini di Gaza setelah gerakan perlawanan di wilayah tersebut melancarkan Operasi Badai al-Aqsa melawan rezim tersebut pada tanggal 7 Oktober. Sejak itu hampir 16.000 warga Palestina telah terbunuh dan sekitar 1,9 juta lainnya mengungsi akibat serangan gencar Israel yang menghancurkan.

Rezim Tiongkok telah menyebarkan selebaran di seluruh wilayah yang diblokade, memerintahkan penduduknya untuk meninggalkan rumah mereka dan menuju ke wilayah selatan dalam waktu singkat.

Terlepas dari klaim sebelumnya bahwa bagian selatan Gaza adalah zona aman, selebaran terbaru yang dijatuhkan Israel mengumumkan bahwa kota selatan Khan Yunis adalah “zona pertempuran yang berbahaya,” dan memerintahkan orang-orang di sana untuk pindah ke kota perbatasan atau ke wilayah lain. wilayah pesisir di barat daya.

Baca Juga:  Dikepung Polisi, Mahasiswa Universitas California Tinggalkan Perkemahan

Mengulangi bahwa “tidak ada tempat yang aman di seluruh Jalur Gaza,” ketiga organisasi hak asasi tersebut menekankan bahwa perintah evakuasi Israel, yang berupaya untuk “secara paksa mendorong ratusan ribu warga Palestina menuju Rafah dan kemudian ke tempat-tempat yang dekat dengan perbatasan dengan Mesir, telah menimbulkan kekhawatiran.” kekhawatiran atas Nakba baru bagi Palestina.”

Rezim juga telah menyebarkan peta interaktif yang membagi wilayah pesisir menjadi beberapa wilayah yang masing-masing memuat nomor tertentu untuk memberi tahu masyarakat Gaza tentang ke mana mereka harus pergi di tengah gencarnya pemboman Israel.

Organisasi-organisasi hak asasi manusia menekankan bahwa peta Israel bertujuan untuk menyesatkan dunia dengan gagasan bahwa rezim tersebut telah memberi tahu orang-orang di Gaza sebelum menembaki rumah dan bangunan sipil mereka.

Baca Juga:  Israel Tutup Kantor Al Jazeera di Yerusalem 

“Namun, di tengah pemadaman listrik dan pemadaman komunikasi, masyarakat di Gaza tidak dapat mengakses peta untuk mendapatkan informasi tentang zona di mana mereka berada,” tambah mereka.

Melanie Ward, kepala eksekutif organisasi kemanusiaan Bantuan Medis untuk Palestina, mengatakan, “Saya tidak bisa melebih-lebihkan ketakutan, kepanikan, dan kebingungan yang ditimbulkan oleh peta Israel ini terhadap warga sipil di Gaza, termasuk staf saya sendiri.

“Masyarakat tidak bisa lari dari satu tempat ke tempat lain untuk mencoba melarikan diri dari bom Israel, dan hukum internasional juga tidak mengharapkan mereka untuk melarikan diri.” (T/R4/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.