Organisasi-Organisasi Kemanusiaan Serukan Akhiri Perang Yaman

Sanaa, MINA – Dalam pernyataan bersama yang ditandatangani 31 organisasi kemanusiaan pada Selasa (15/9) menyerukan masyarakat internasional dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk menekan pihak-pihak di Yaman agar menghentikan perang yang telah berlangsung selama enam tahun.

Yemen Shabab melaporkan, pernyataan organisasi-organisasi tersebut ditujukan pada sesi ke-75 Sidang Umum PBB.

Dikutip dari MEMO pada Kamis (17/9), pernyataan itu mengatakan, konflik yang terus-menerus di negara Yaman telah menghancurkan infrastruktur, merusak kehidupan dan mendorong ekonomi ke ujung jurang.

Pernyataan itu menambahkan bahwa empat juta warga Yaman telah mengungsi dari rumahnya dan ribuan dari mereka meninggal karena sistem perawatan kesehatan yang bobrok.

Pernyataan tersebut menyerukan komunitas internasional untuk mendorong pihak yang bertikai segera menghentikan perang di seluruh negeri.

“Kembali ke pembicaraan tentang perdamaian komprehensif dengan keyakinan sejati,” kata pernyataan itu.

Setelah hampir enam tahun berada dalam konflik, Yaman mengalami krisis kemanusiaan terparah di dunia. Pihak yang bertikai berpotensi menggunakan kelaparan sebagai taktik perang, terus memperburuk situasi kemanusiaan yang sudah mengerikan. (T/R7/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)