Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Otoritas Palestina dan Yordania Tandatangani Sembilan Perjanjian Kerjasama

Ali Farkhan Tsani - Jumat, 10 Desember 2021 - 15:37 WIB

Jumat, 10 Desember 2021 - 15:37 WIB

2 Views

Ramallah, MINA – Otoritas Palestina dan Yordania menandatangani sembilan perjanjian peningkatan kerja sama di berbagai bidang, khususnya pertukaran perdagangan.

Perjanjian ditandatangani pada pertemuan komite bersama antara kedua negara, Jumat malam (9/12), antara Perdana Menteri Palestina Muhammad Shtayyeh dan PM Yordania Bishr Al-Khasawneh. Quds Press melaporkan.

Al-Khasawneh tiba di Ramallah pada Kamis, untuk kunjungan resmi, dan bergabung dengan delegasi tingkat tinggi Yordania.

“Kunjungan Al-Khasawneh ke Palestina dan pertemuan Komite Tinggi Gabungan datang pada waktu yang sangat penting, karena kita hidup dalam kondisi sulit dalam menghadapi pendudukan dan Corona. Pandemi,” ujar Shtayyeh.

Baca Juga: Israel Hancurkan Bangunan Milik Warga Palestina di Ramallah

Ia menambahkan, “Kami telah melihat semua dukungan dari saudara-saudara kami di Yordania, dan kami berbagi tujuan melestarikan Yerusalem.”

Dia menyatakan penghargaannya atas posisi Yordania di Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA), yang mempertahankan kelangsungan hidupnya sampai penyelesaian yang adil dari masalah pengungsi tercapai sesuai dengan resolusi legitimasi internasional.

PM Palestina mencatat bahwa “volume pertukaran perdagangan antara kedua negara belum memenuhi sasaran dan kami memiliki target untuk meningkatkannya, dan kami bekerja sama untuk menghilangkan semua hambatan yang ada.”

Shtayyeh menekankan, pasar Palestina benar-benar terbuka untuk pengusaha Yordania dan produk Yordania, dan ini adalah inti dari strategi melepaskan diri dari ekonomi Israel.

Baca Juga: Sudah 16 Hari Pasukan Zionis Larang Azan Subuh di Masjid Ibrahimi

Sementara itu, PM Yordania Al-Khasawneh menegaskan dukungan permanen dan tegas Yordania untuk hak-hak Palestina, untuk pembentukan negara Palestina merdeka dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya, berdasarkan perbatasan 4 Juni 1967, dalam kerangka solusi dua negara.

Dia menekankan tujuan bersama Yordania-Palestina adalah “untuk mencapai perdamaian yang komprehensif dan adil berdasarkan solusi dua negara.”

Volume pertukaran perdagangan antara Otoritas Palestina dan Yordania pada tahun 2020 berjumlah sekitar $200 juta per tahun, dengan $150 juta adalah impor Palestina dari Yordania, dan $50 juta ekspor. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Jurnalis Palestina Menangkan Penghargaan Anugerah Emmy 

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Timur Tengah
Palestina