Otoritas Palestina – Mesir Kerjasama Pengelolaan Gas Alam di Gaza

Ramallah, MINA – Otoritas Palestina bersama Pemerintah Mesir, Ahad (21/2) menyepakati penguatan kerja sama di bidang energi dan kekayaan alam, khususnya gas alam, di Gaza, yang sedang mengalami krisis energi.

Hal itu disampaikan dalam pertemuan Ir. Tariq Al-Mala Menteri Perminyakan dan Kekayaan Minyak Bumi Mesir dengan Dr. Muhammad Mustafa, Ketua Dewan Manajemen Investasi Palestina, dihadiri oleh Ir. Dhafir Mulhim, Ketua Otoritas Energi Palestina di kantor kepresidenan Ramallah, Palestina.

Dalam pertemuan itu, kedua pihak membahas bekerjasama dalam pengelolaan energi tersebut.

Al-Mala menyatakan, Mesir selalu mendukung hak nasional Palestina, termasuk dalam hal memanfaatkan sumber daya alam dan kedaulatannya terhadap SDM, terutama kilang gas di Gaza, Gaza Marine, demikian Palinfo.

Pihak-pihak yang bekerjasama dalam gas Gaza Marine yang saat ini bergabung adalah investor Palestina dan perusahaan asosiasi pengusaha Palestina CCC dengan perusahaan Mesir pemegang gas alam IGAS, Mereka  telah meneken MoU kesepakatan kesepahaman.

Keterangan bersama Palestina-Mesir mengatakan, memo kesepakatan itu bertujuan mengembangkan kilang gas Gaza Marine dan infrastruktur yang dibutuhkan, termasuk menyiapkan kebutuhan Palestina terhadap gas alam dan memperkuat kerjasama antara kedua negara dan kemungkin mengeskpor sebagian gas ke Mesir.

Keterangan bersama menegaskan, pentingnya mengokohkan sikap bersama Mesir dan Palestina untuk percepatan mengembangkan gas Gaza karena krisis energi di sana.

Kedua pihak juga menegaskan, pentingnya forum gas timur laut meditrania dalam memudahkan negara-negara anggota memanfaatkan sumber daya alamnya, khususnya gas.

Negara Palestina merupakan negara pertama menyetujui piagam  sebagai negara pendiri di forum tersebut yang saat ini beranggotakan enam negara di antaranya Mesir dan Israel.

Kedua pihak menegaskan, bahwa pengembangkan kilang gas Gaza akan berdampak besar bagi sekctor energi di Palestina, terutama memberikan solusi bagi krisis energi yang dialami Jalur Gaza dan memberikan suplai gas kepada generator listrik di Jenin.

Kedua pihak sepakat kerjasama bersama seluruh anggota di Forum Gas Timur Meditrania terutama Israel untuk memudahkan proses pengembangan kilang gas Gaza yang lama ditunggu.

“Kunjungan menteri Mesir ke Palestina adalah bentuk kepedulian untuk melangsungkan kerjasama kedua pihak.” tegas Al-Mala. (T/R4/P1)

 

 

Mi’raj News Agency (MINA)