PA Sambut Baik Keputusan Parlemen Portugal Akui Peristiwa Nakba

Presiden Palestina Mahmoud Abbas. (Foto file - Anadolu Agency)

Ramallah, MINA – Otoritas (PA) pada hari Jumat (21/7) menyambut baik keputusan Parlemen Portugis untuk mengakui Palestina 1948.

Kementerian Luar Negeri mengeluarkan pernyataan: “PA menyambut baik keputusan Parlemen Portugis untuk mengakui Nakba yang terjadi pada Palestina pada tahun 1948, serta ekspresi solidaritasnya dengan rakyat Palestina.” MEMO melaporkan.

Menurut pernyataan tersebut, PA mempertimbangkan keputusan ini: “Sebuah ekspresi nyata dari solidaritas Portugal dengan penderitaan rakyat Palestina, yang telah berlangsung selama 75 tahun.”

Sementara itu, mereka memuji keputusan tersebut sebagai langkah pertama menuju pengakuan pemerintah Portugis atas Negara Palestina dan langkah untuk mengadopsi resolusi yang menganggap Nakba sebagai tragedi kemanusiaan.

Parlemen Portugis memberikan suara mayoritas untuk mengakui Nakba dan memuji perjuangan Palestina untuk mendapatkan hak mereka untuk menentukan nasib sendiri.

Baca Juga:  Ukhuwah Al Fatah Rescue Goes To School

Pada saat yang sama, resolusi tersebut mengutuk kebijakan ekspansionis pendudukan dan aneksasi ilegal, yang melanggar hukum internasional.

PA juga meminta pemerintah Portugis untuk mengambil posisi yang jelas dalam membela hak rakyat Palestina sebagaimana dijamin oleh konvensi dan hukum internasional. (T/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.