Pabrik Kimia Group Trump di Israel Tutup

Haifa Chemicals (Flickr)

Tel Aviv, MINA – Haifa Chemicals, sebuah di milik perusahaan holding AS Trance Resource Inc (TRI), yang dikendalikan oleh Group Trump berbasis di Florida, ditutup, terhitung sejak Rabu (2/8/2017).

Perusahaan mengatakan, pihaknya menutup perusahaan dan melepaskan 800 pegawainya setelah gagal menemukan alternatif logis untuk tangki amonia besar yang diperintahkan untuk ditutup awal tahun ini.

Pengadilan Israel pada bulan Februari memerintahkan perusahaan tersebut untuk menutup tangki amonia terbesar di negara itu. Alasannya, hal itu telah menjadi menjadi sengketa dan pertikaian selama bertahun-tahun dengan penduduk dan kelompok lingkungan, yang memperingatkan bahwa itu adalah bahaya kesehatan utama.

Baca Juga:  Ismail Haniyeh Tegaskan Hamas Serius Dalam Perundingan

“Manajemen Haifa Chemicals memutuskan untuk menutup perusahaan dan terpaksa memecat semua pegawainya,” katanya dalam sebuah pernyataan, yang dikutip MEMO.

Perusahaan besar di pelabuhan utara Haifa, kota terbesar ketiga di Israel itu, dapat menampung 12.000 ton amonia, yang digunakan untuk produk seperti pupuk dan bahan peledak.

Pemerintah, yang ingin menghapus bahan berbahaya dari daerah padat penduduk, telah lebih dari satu dekade mencari alternatif limbah industri, termasuk membangun bangunan baru di tengah padang pasir.

Haifa Chemicals dimiliki oleh perusahaan holding AS Trance Resource Inc (TRI), yang dikendalikan oleh Group Trump, berbasis di Florida. Namun perusahaan ini tidak ada kaitannya dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Baca Juga:  Ratusan Massa Gelar Aksi Solidaritas Palestina di Paris

(T/RS2/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.