Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Paetongtarn Shinawatra Jadi PM Termuda Thailand

Arina Islami Editor : Ali Farkhan Tsani - Senin, 19 Agustus 2024 - 03:14 WIB

Senin, 19 Agustus 2024 - 03:14 WIB

18 Views

Perdana Menteri Thailand, Paetongtarn Shinawatra. (bundle.app)

Bangkok, MINA – Paetongtarn Shinawatra (37) menjadi Perdana Menteri (PM) termuda Thailand. Ia disahkan sebagai Perdana Menteri oleh Raja Thailand pada Ahad (18/8), dua hari setelah parlemen memilihnya.

Pengesahan itu membuka jalan baginya untuk membentuk Kabinet dalam beberapa pekan mendatang, melansir Channel Asia News.

Paetongtarn terpilih menjadi PM Thailand hanya beberapa hari setelah sekutunya, Srettha Thavisin dicopot dari jabatannya oleh Mahkamah Konstitusi —lembaga peradilan yang berperan penting dalam dua dekade kekacauan politik yang terjadi di Thailand.

Putri dari tokoh politik terkemuka Thaksin Shinawatra itu berhasil melewati pemungutan suara parlemen pada Jumat (16/8), memenangkan 319 suara, atau hampir dua pertiga suara untuk menjadi Perdana Menteri wanita kedua di Thailand.

Baca Juga: Pemukim Israel Terbitkan Buku yang Klaim Lebanon Milik Mereka

Persetujuan oleh Raja Maha Vajiralongkorn dibacakan oleh Sekretaris Parlemen, Apat Sukhanand dalam sebuah upacara di Bangkok pada Ahad (18/8).

“Sebagai kepala eksekutif, saya akan menjalankan tugas saya bersama para legislator dengan hati terbuka,” kata Paetongtarn saat berpidato usai pengesahannya sebagai PM Thailand.

“Saya akan mendengarkan semua pendapat sehingga bersama-sama kita dapat membawa negara ini maju dengan stabilitas,” tambahnya.

Paetongtarn, yang sebelumnya tidak pernah menjabat dalam pemerintahan, akan menghadapi tantangan di berbagai bidang, karena ekonomi sedang terpuruk dan popularitas Partai Pheu Thai yang tengah merosot.[]

Baca Juga: Hezbollah Cegah Masuknya Tentara Zionis Israel ke Lebanon  

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Asia
Internasional