Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Paetongtarn Shinawatra Terpilih Jadi PM Baru Thailand

sri astuti Editor : Rudi Hendrik - Sabtu, 17 Agustus 2024 - 10:53 WIB

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 10:53 WIB

19 Views

Perdana Menteri Baru Thailand, Paetongtarn Shinawatra. (Foto: Times of India)

Bangkok, MINA – Paetongtarn Shinawatra, putri mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra, terpilih sebagai perdana menteri, dua hari setelah pendahulunya Srettha Thavisin dipecat melalui perintah pengadilan.

Wanita berusia 37 tahun itu akan menjadi PM termuda dalam sejarah Thailand, dan anggota ketiga keluarga Shinawatra yang memimpin negara tersebut setelah ayahnya Thaksin (2001-2006), dan bibinya Yingluck (2011-2014). The Diplomat melaporkan.

Pengangkatannya menegaskan dominasi politik klan yang bermarkas di Chiang Mai, yang telah menjadi kekuatan dominan, meskipun kontroversial, dalam politik Thailand sejak kemenangan pemilu Thaksin yang signifikan pada tahun 2001.

Dalam pemungutan suara parlemen hari Jumat (16/8), Paetongtarn, pemimpin partai Pheu Thai, memperoleh dukungan dari 319 anggota DPR, yang mewakili semua 11 partai dalam koalisi pemerintahan saat ini. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan dengan 145 suara menentang dan 27 abstain.

Baca Juga: Pemukim Israel Terbitkan Buku yang Klaim Lebanon Milik Mereka

Pencalonannya muncul setelah Perdana Menteri Srettha Thavisin, mantan maestro real estate dari Pheu Thai yang menjabat setelah pemilihan umum tahun lalu, digulingkan dalam keputusan mengejutkan oleh Mahkamah Konstitusi, kurang dari setahun setelah menjabat.

Pengadilan memberikan suara 5-4 untuk memberhentikan Srettha dari jabatannya karena “pelanggaran etik” yang berkaitan dengan pengangkatan seorang pejabat ke dalam kabinetnya, yang sebelumnya telah menjalani hukuman penjara karena menyuap pejabat pengadilan. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Hezbollah Cegah Masuknya Tentara Zionis Israel ke Lebanon  

Rekomendasi untuk Anda

Asia
Internasional