Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pakar Hubungan Internasional UII Jelaskan Mengapa PBB Tidak Bisa Paksa Israel

Widi Kusnadi - Jumat, 23 Februari 2024 - 17:55 WIB

Jumat, 23 Februari 2024 - 17:55 WIB

4 Views

Yogyakarta, MINA – Pakar hubungan internasional Universitas Islam Indonesia (UII) Hasbi Aswar menjelaskan mengapa PBB tidak berdaya memaksa Israel untuk mengehentikan serangan militernya di Gaza.

PBB tidak berdaya karena Amerika Serikat (AS) sebagai negara Adidaya, pemegang hak veto PBB selalu mendukung Israel tanpa syarat,” katanya dalam seminar nasional bertajuk: “Palestina, Dua Perkara Mahkamah Internasional dan Kontribusi Indonesia” di Universitas Gadjah Mada, Jumat (23/2).

Selain hak veto, AS juga memberikan bantuan finansial tanpa batas kepada Israel. Hampir setiap tahun AS mengirimkan bantuan keuangan dan senjata ke Israel.

Hasbi Aswar membeberikan penjelasan mengenai operasi militer 7 Oktober dalam konteks politis dan historis. Ia memakai terminologi operasi militer karena fakta di lapangan wilayah Palestina dikuasai Israel, baik dari darat, laut dan udaranya.

Baca Juga: Prof Asrorun Niam: Tujuan Fatwa untuk Kemaslahatan Hakiki

Selain itu, Hasbi yang merupakan alumnus Universiti Islam Antara Bangsa Malaysia itu juga menjelaskan, AS begitu totalitas membantu Israel karena mereka ingin menguasai Timur Tengah yang merupakan jantungnya Asia, sentral perdagangan dunia.

Dalam wawancara singkatnya dengan MINA, Hasbi menegaskan, dunia ini sedang dikuasai oleh pihak-pihak yang dzalim dan para pendukung kedzaliman. Maka umat Islam dan para pendukung keadilan harus merapatkan barisan, meningkatkan kerja sama untuk menegakkan keadilan, mencegah kedzaliman dan menegakkan nilai-nilai kemanusiaan. (L/P2/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: KH Afifuddin Muhajir: Fatwa Dibutuhkan Sepanjang Zaman

Rekomendasi untuk Anda