Pakar ICMI : Dua per Tiga Isi Al-Quran Adalah Sains dan Teknologi

Foto: Dok

 

Jakarta, 11 Rajab 1438/ 8 April 2017 (MINA) – Sekretaris Dewan Pakar Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Teuku Abdullah Sanny mengatakan, hampir dua per tiga dari Al-Quran berisi tentang sains dan teknologi.

“Seolah-olah Al-Quran itu hanya berisi tentang fiqih saja, padahal fiqih hanya sebagian saja atau kecil, hampir dua per tiga dari Al-Quran adalah sains dan teknologi,” kata Teuku Abdullah Sanny dalam keterangannya yang diterima Kantor Berita Islam MINA, Sabtu (8/4).

Teuku Abdullah Sanny mengatakan, sebagai bentuk sarana informasi untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, ia yang berada di posisi sekretaris dewan pakar tersebut membuat sebuah buletin kajian tentang Al-Quran dan Sains yang diterbitkan sebulan sekali.

“Kita terus melakukan sosialisasi, karena masih banyak orang yang miss conception terhadap sains dan teknologi dengan Al-Quran,” kata pria yang akrab dipanggil T.A. Sanny.

Saat ditanya terkait dengan adanya sebagian orang yang berpemahaman bahwa bumi itu berbentuk datar, pria asal Aceh itu menyebutkan, pemahaman itu sah-sah saja jika hanya sebatas pemikiran.

“Yang jelas riset itu tidak bisa dipungkiri, masa bumi itu datar yang benar saja. itu hanya sebatas pemikiran, bukan observasi. Orang berfikir apapun boleh,” katanya.

Ia mencontohkan, coba kalau misalnya seseorang sedang ada di dalam pesawat, itu akan semakin terlihat, ternyata bumi itu semakin melengkung dan begitu tinggi ternyata baru kelihatan ternyata bumi itu bulat.

“Kalau kita hanya duduk dan diam di suatu tempat, memang akan nampak seolah tidak bulat,” ujarnya. (L/R02/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.