Pakistan-Cina Bahas Kerjasama Pertahanan

Beijing, MINA – Kepala Staf Angkatan Darat (COAS) Pakistan Jenderal Qamar Javed Bajwa pada hari Selasa (8/10) bertemu dengan Komandan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) Cina Jenderal Han Weiguo dan Wakil Ketua Komisi Militer Pusat (CMC) Jenderal Xu Qiliang di Markas PLA di Beijing, rilis Layanan Antar Siaran Pers Hubungan Masyarakat.

Lingkungan keamanan regional termasuk situasi di Kashmir yang dikuasai India dan kerjasama pertahanan Pakistan-Cina dibahas dalam pertemuan. Daily Taimes melaporkan, Rabu (9/10).

COAS memberi tahu pimpinan militer Cina tentang konsekuensi dari situasi yang sedang berlangsung di lembah yang diduduki, jika tidak diselesaikan secara damai.

India juga perlu menghormati resolusi PBB dan memastikan hak asasi manusia Kashmir, lajut pernyataan.

Pimpinan militer Cina sambil mendukung sikap berprinsip Pakistan tentang masalah Kashmir, dan menghargai pendekatan perdamaian Pakistan.

Mereka sepakat bahwa ketegangan yang tidak terselesaikan antara Pakistan dan India akan memiliki implikasi serius bagi perdamaian dan stabilitas di kawasan itu.

COAS menambahkan, pihaknya menantikan perdamaian, tetapi itu tidak akan mengorbankan kompromi atas prinsip atau kehormatan dan martabat bangsa.

Kedua belah pihak juga membahas situasi yang berkembang di Teluk dan upaya perdamaian di Afghanistan.

Mereka juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama pertahanan yang ada sejalan dengan sejarah hubungan. (T/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)