Pakistan Dirikan Universitas untuk Hormati Guru Sikh

Islamabad, MINA – Perdana Menteri Pakistan Imran Khan pada Senin (28/10) meletakkan batu pondasi pertama untuk sebuah universitas yang bernama Baba Guru Nanak, pendiri agama Sikh.

Pembangunan itu untuk menghormati guru Sikh, menjelang ulang tahun kelahirannya yang ke-550 bulan depan, demikian Aljazeera melaporkan.

Universitas itu didirikan di distrik Nankana Sahib di provinsi timur laut Punjab, tempat kelahiran Baba Guru Nanak, yang terletak 75 kilometer (46 mil) dari ibu kota provinsi Lahore.

“Mendirikan sebuah institusi pendidikan adalah cara terbaik untuk memberi penghormatan kepada Baba Guru Nanak, karena pendidikan adalah kunci kesuksesan bangsa-bangsa,” kata Khan saat berpidato pada acara itu.

Acara tersebut digelar setelah Pakistan dan India menandatangani perjanjian untuk membuka perbatasan bagi peziarah Sikh agar dapat menghadiri ulang tahun kelahiran pendiri mereka, meskipun ada ketegangan yang meningkat antar dua negara itu.

Sebelumnya, pada November tahun lalu, Islamabad dan New Delhi sepakat untuk membuka penyeberangan Kartarpur bebas visa yang menghubungkan kota Narowal di Pakistan timur laut ke distrik Gurdaspur di India timur.

Kartarpur Sahib Gurdwara, yang terletak di Narowal – sekitar 115km (71 mil) dari Lahore – adalah salah satu kuil paling dihormati untuk komunitas Sikh, ketika Baba Guru Nanak menghabiskan 18 tahun terakhir hidupnya di sana.

Provinsi Punjab di Pakistan timur laut adalah rumah bagi beberapa situs ziarah paling penting  Sikh. Ini termasuk tempat kelahiran Baba Guru Nanak, yang lahir pada 1469 di distrik Nankana Sahib, dan Gurdwara (atau biara) Punja Sahib di kota Hasan Abdal, di mana sidik jari Guru Nanak diyakini dicetak pada batu besar. (T/Hju/Ais/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)