Pakistan Sambut Putaran Kedua Pembicaraan AS-Taliban di Doha

Islamabad, MINA – Pakistan menyambut baik rencana putaran kedua pembicaraan antara Amerika Serikat dan Taliban di Doha, Qatar, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri (MoFA).

Berbicara pada konferensi pers di ibu kota Islamabad, juru bicara Kementerian Luar Negeri Asim Iftikhar menegaskan kembali posisi negaranya, dan bahwa masyarakat dunia perlu terlibat dengan pemerintah Taliban. Al Jazeera melaporkan, Jumat (26/11).

“Kami mendorong peningkatan keterlibatan masyarakat internasional dengan Afghanistan untuk membantu mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapinya,” kata Iftikhar.

Perwakilan Khusus AS untuk Afghanistan dan Pakistan Tom West dijadwalkan ke Doha, untuk melakukan pembicaraan dua hari dengan para pejabat Taliban pekan depan, kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price.

Price mengatakan agenda pembicaraan akan menjadi “kepentingan nasional” AS di Afghanistan, “termasuk kontraterorisme, yang mencakup perjalanan yang aman bagi warga AS dan bagi warga Afghanistan yang memiliki komitmen khusus kami, dan itu termasuk bantuan kemanusiaan dan situasi ekonomi negara”.

Kementerian Luar Negeri Afghanistan mengkonfirmasi bahwa delegasi yang dipimpin oleh penjabat Menteri Luar Negeri Amir Khan Muttaqi telah berangkat ke Doha untuk melakukan pembicaraan.

Delegasi tersebut terdiri dari perwakilan dari Kementerian Pendidikan, Kesehatan, Keuangan, Keamanan, dan bank sentral Afghanistan.” (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.