Pakistan Tegaskan Komitmen Mainkan Peran Perdamaian Regional

Teheran, MINA –  Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi menegaskan kembali bahwa Pakistan akan tetap berkomitmen untuk memainkan peran aktif dan positif untuk membawa perdamaian regional di wilayah tersebut.

Dia menyatakan saat berbicara dengan Presiden Iran Hassan Rouhani di Teheran. Radio Pakistan melaporkan, Senin (13/1).

Dia memberi tahu Presiden Iran tentang sikap Pakistan tentang situasi saat ini.

Qureshi  menegaskan bahwa Pakistan tidak akan menjadi bagian dari perang di wilayah tersebut.

Dia juga menekankan perlunya menyelesaikan masalah dengan menggunakan cara diplomatik untuk mengurangi ketegangan di wilayah tersebut.

Shah Mahmood Qureshi juga memberi tahu Presiden Iran tentang kontaknya baru-baru ini dengan Menteri Luar Negeri dari berbagai negara untuk perdamaian di wilayah tersebut.

Dia mengatakan pernyataan baru-baru ini oleh Iran menggembirakan.

Sementara itu, memuji upaya perdamaian Pakistan, Presiden Iran menegaskan bahwa Iran tidak ingin meningkatkan ketegangan.

Menlu Pakistan mengucapkan terima kasih kepada Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Syed Ali Khomeini dan Presiden Iran atas nama Perdana Menteri Imran Khan karena mengangkat suara mereka terhadap kekejaman India di Kashmir yang diduduki dan mendukung sikap Pakistan dalam hal ini.

Dia mengatakan Pakistan dan Iran menjalin hubungan yang mendalam, historis, religius, budaya, dan persaudaraan.

Shah Mahmood Qureshi juga akan mengunjungi Riyadh Senin ini untuk mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Faisal bin Farhan dan berkonsultasi tentang masalah perdamaian dan stabilitas regional. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)