Pakistan Turunkan Peringkat Hubungan dengan India

Islamabad, MINA – telah mengumumkan akan “menurunkan peringkat” hubungan diplomatik dan menangguhkan perdagangan bilateral dengan , setelah New Delhi mencabut status istimewa yang mereka sengketakan.

Keputusan hari Rabu (7/8) itu dibuat pada pertemuan Komite Keamanan Nasional Pakistan, yang dipimpin oleh Perdana Menteri Imran Khan dan dihadiri oleh Kepala Angkatan Bersenjata dan pejabat senior pemerintah.

Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mehmood Qureshi mengatakan, Islamabad juga akan mengusir Duta Besar India Ajay Bisaria, demikian Al Jazeera melaporkan.

Qureshi menambahkan dalam komentarnya yang disiarkan televisi, Moin-ul-Haq, Duta Besar Pakistan yang baru ditunjuk untuk India, yang belum menempati jabatannya, tidak akan pergi ke New Delhi.

Belum ada komentar langsung dari Kementerian Luar Negeri India.

Pemerintah India pada Senin (5/8) mencabut dalam konstitusi yang memungkinkan Kashmir yang dikelola oleh India secara penuh.

Artikel 370 yang sudah berusia lebih 70 tahun, memberi Kashmir keistimewaan dengan larangan bagi orang dari luar Kashmir memilik pekerjaan di pemerintahan negara bagian, memiliki proverti atau menetap permanen di wilayah mayoritas Muslim tersebut.

Islamabad juga akan mengangkat masalah status Kashmir di Dewan Keamanan PBB. (T/RI-1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.