Palestina: Ada Konspirasi Internasional Incar Bubarkan UNRWA

Gaza, MINA – Komite Nasional Tinggi Palestina untuk hak kembali dan pembebasan blokade menyebut, ada konspirasi internasional yang berupaya membubarkan Badan PBB untuk Pekerjaan dan Pemulihan Pengungsi Palestina (UNWRA).

“Terjadi perkembangan serius yang menunjukan ke sebuah rencana untuk mencabut mandat UNRWA. Itu yang kami ketahui dan kami akan rasakan,” kata Koordinator Komite Nasional, Khaled Al-Batsh, seperti dikutip dari Palestinian Information Center (Palinfo), Sabtu (8/11).

Al-Batsh menekankan pentingnya upaya untuk menghadapi ancaman konspirasi itu dan perlunya menegaskan kembali Resolusi PBB tentang UNRWA melanjutkan pekerjaannya sampai kembalinya pengungsi Palestina ke tanah mereka.

Bangsa Palestina menegaskan kembali, mereka akan terus memobilisasi semua kemampuan rakyat untuk berjuang melawan ketidakadilan, disamping untuk menghadapi semua konspirasi.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres telah mulai mengeksplorasi alternatif pengganti UNRWA.

Menurut surat kabar Israel Israel Hayom, Guterres telah meminta organisasi non-pemerintah pro-Israel mengajukan proposal untuk menggantikan operasi UNRWA, Quds Net melaporkan.

Sementara itu, Komisaris Jenderal UNRWA Pierre Krahenbuhl dikabarkan mengundurkan diri di tengah penyelidikan internal atas dugaan kesalahan manajemen dan pelanggaran etika di organisasi itu.

Sebuah laporan etika internal menuduh manajemen yang salah dan penyalahgunaan wewenang di tingkat tertinggi badan PBB itu, yang juga menghadapi krisis keuangan setelah Amerika Serikat menangguhkan dan kemudian memotong semua dana untuk UNRWA pada tahun 2018. (T/Sj/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)