Palestina Akan Mengadu ke PBB dan Pengadilan Internasional

Yerusalem, Palestina (Foto: File)

 

Ramallah, MINA – Wakil Ketua Gerakan Fatah, Mahmoud al-Aloul Pahar Ahad malam (17/12) mengatakan, Pemerintah Palestina akan melakukan pengaduan ke Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) dan Pengadilan Pidana Internasional untuk membatalkan keputusan Presiden AS Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel.

Berbicara dalam sebuah wawancara dengan TV Palestina, dia mengatakan selanjutnya, Pemerintah Palestina akan mempertimbangkan kembali semua hubungannya dengan Israel dan akan terus mewujudkan persatuan nasional.

Aloul seperti dilaporkan WAFA, mengatakan bahwa sebuah pertemuan yang diharapkan dari Dewan Pusat Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) akan mengambil keputusan penting mengenai masalah Yerusalem.

Aloul berbicara dalam siaran yang disatukan oleh saluran TV Arab dan stasiun radio untuk mendukung Yerusalem menyusul langkah AS untuk mengakui kota suci tersebut sebagai ibu kota Israel.

Sebelumnya, DK PBB sedang mempertimbangkan sebuah rancangan resolusi yang bertujuan untuk membatalkan status Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Rancangan resolusi diajukan Mesir dan telah dikirimkan ke 15 anggota DK PBB pada hari Sabtu (16/12). Rancangan resolusi itu tidak menyebut AS atau pun Presiden Donald Trump secara khusus.

Seorang diplomat di DK PBB mengatakan, rancangan resolusi tersebut memiliki dukungan yang luas. Meski begitu, kemungkinan akan diveto oleh Washington.

DK PBB kemungkinan akan membuat keputusan soal rancangan resolusi itu pada hari Senin atau Selasa nanti.

Sebuah resolusi bisa diterima jika mendapat dukungan setidaknya dari sembilan suara dari total anggota DK PBB dan tidak diveto oleh anggota tetap Dewan Keamanan yakni AS, Perancis, Inggris, Rusia atau pun China.

Keputusan AS yang secara sepihak mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel diumumkan Presiden Donald Trump, Rabu, 6 Desember 2017. Dalam pengumuman tersebut, Trump juga memerintahkan Departemen Luar Negeri AS mempersiapkan pemindahan kedutaannya dari Tel Aviv ke Yerusalem. (T/B05/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.