Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Palestina: Israel Harus Dilarang Ikut Olimpiade Paris

Rudi Hendrik Editor : Widi Kusnadi - Jumat, 26 Juli 2024 - 13:05 WIB

Jumat, 26 Juli 2024 - 13:05 WIB

23 Views

Laga Israel vs Mali di matchday pertama Grup D Olimpiade Paris 2024 (Instagram/@olympicteamisrael).

Paris, MINA – Israel seharusnya dilarang ikut Olimpiade Paris karena bertindak Apharteid sebagimana yang terjadi di Afrika Selatan.

Pandangan itu disampaikan oleh Presiden Komite Olimpiade Palestina Jibril Rajoub, Kamis (25/7), saat berbicara kepada wartawan di Bandara Charles de Gaulle Paris. Anadolu melaporkan.

Dia mendesak Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk mempertimbangkan kembali keputusannya dan membuat dunia sadar akan kekejaman Israel yang dilakukan di Gaza.

Rajoub mengatakan, Komite Olimpiade Israel telah kehilangan haknya untuk berpartisipasi dalam acara olahraga internasional, merujuk pada keputusan IOC tahun 1970 untuk mengeluarkan Komite Olimpiade Nasional Afrika Selatan (NOC) dari organisasi tersebut.

Baca Juga: 150 Atlet Jelajahi Sabang pada “Aceh International Orienteering”

Rajoub menulis surat kepada IOC pekan lalu, meminta agar Israel dilarang berpartisipasi dalam acara olahraga internasional tersebut karena pengeboman intensif pasukan pendudukan di Jalur Gaza, yang telah menewaskan lebih dari 39.000 warga Palestina, sebagian besar wanita dan anak-anak, sejak 7 Oktober.

“Kami ingin dunia menyadari kejahatan kaum fasis, rasis, dan penjajah Nazi terhadap rakyat Palestina,” kata Rajoub, mendesak IOC untuk mempertimbangkan kembali keputusannya.

Namun, permintaan tersebut ditolak oleh IOC.

“Apa yang terjadi di Jalur Gaza, juga di Yerusalem Timur dan di seluruh wilayah Palestina, mirip dengan apa yang dilakukan Nazi pada tahun 1940-an,” tambahnya.

Baca Juga: Ranking FIFA Timnas Indonesia Naik Usai Tahan Imbang Arab Saudi

“Dunia sangat menyadari bahwa ancaman terbesar bagi perdamaian dan stabilitas internasional di kawasan tersebut adalah penolakan Israel untuk mengakhiri pendudukan wilayah Palestina dan memberikan hak kepada rakyat Palestina untuk hidup damai,” kata Rajoub. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Timnas Indonesia Imbangi Arab Saudi 1-1

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Palestina
Palestina
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia