Palestina Peringati Hari Narapidana, di Gaza Adakan Lomba Marathon Kursi Roda

Puluhan warga Palestina penderita cacat kaki di Gaza City mengikuti lomba “Marathon 1.500” sebagai bentuk solidaritas kepada tahanan Palestina di penjara Israel. (Foto: dok. Press TV)

Ramallah, MINA – Palestina memperingati Hari Narapidana pada Selasa (17/4), 17 April, sebagai bentuk dukungan mereka untuk para tahanan yang masih berada di penjara Israel.

Sementara di Gaza peringatan dimeriahkan dengan lomba marathon kursi roda bagi para penderita cacat kaki.

“Ketika kami terus menghormati dan menegaskan dukungan kami terhadap semua tahanan Palestina yang dulu dan saat ini di penjara Israel, kami diingatkan akan ketabahan mereka,” kata Hanan Ashrawi, seorang anggota Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), Senin (16/4), demikian Press TV melaporkan.

Ia mengatakan, komitmen untuk kemerdekaan dan keadilan bagi para tahanan tidak dapat dipatahkan oleh pelanggaran yang dilakukan oleh penguasa militer Israel.

Sementara di Gaza yang diblokade, hari Ahad lalu puluhan pengguna kursi roda berpartisipasi dalam perlombaan yang bernama “Marathon 1.500” di Gaza City.

Acara tersebut untuk menunjukkan solidaritas kepada orang Palestina yang sakit atau terluka di penjara Israel.

Pusat Studi Tahanan Palestina (PPCS) mengatakan, saat ini hampir 6.500 tahanan Palestina ditahan dalam situasi yang tidak dapat ditoleransi.

Tahanan Palestina dilarang mendapat kunjungan, buku dan pendidikan, makanannya miskin dan kesehatannya diabaikan. (T/RI-1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)