Palestina Puji Pidato Erdogan di Sidang Umum PBB

Ramallah, MINA – Kementerian Luar Negeri Palestina memuji pidato Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-75 di New York, Rabu (23/9).

“Kita harus berterima kasih kepada presiden Turki atas desakannya untuk mengingatkan dunia tentang penderitaan rakyat Palestina serta hak kebebasan dan kemerdekaan serta penolakannya atas inisiatif yang ditolak Palestina,” tulis pernyatan Kemlu Palestina.

Mengutip dari Anadolu Agency, Kemlu Palestina memuji pidato Erdogan yang menyampaikan kritik keras terhadap Israel dan mengecam tindakan otoritas pendudukan itu terhadap Palestina, serta Turki tidak akan mendukung rencana apa pun yang ditolak oleh rakyat Palestina

“Atas penolakan dokumen penyerahan, yang coba diberlakukan di Palestina dengan nama ‘Kesepakatan Abad Ini,’ Israel mempercepat upayanya untuk mencaplok wilayah Palestina dengan bantuan dari kolaboratornya,” jelas Erdogan.

“Turki tidak akan mendukung rencana apa pun yang tidak disetujui oleh rakyat Palestina,” tegasnya.

Menurut Erdogan, negara-negara yang telah menyatakan niat mereka untuk membuka kedutaan besar di Yerusalem, yang melanggar resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa dan hukum internasional, hanya membuat konflik menjadi lebih rumit. (T/SR/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)