PALESTINA RESMIKAN PELETAKAN BATU PERTAMA “KOTA SYEKH HAMD”

Kementerian Pekerjaan Umum dan Kependudukan bersama Komite Qatar untuk Rekontruksi Gaza meresmikan peletakan batu pertama untuk proyek pembangunan Kota Syekh Hamd bin Khalifah Aali-Tsani. (Foto: PIC)
Kementerian Pekerjaan Umum dan Kependudukan bersama Komite untuk Rekontruksi Gaza meresmikan peletakan batu pertama untuk proyek pembangunan Kota Syekh Hamd bin Khalifah Al-Tsani. (Foto: PIC)

Gaza, 26 Jumadil Awwal 1436/17 Maret 2015 (MINA) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Kependudukan bersama Komite Qatar untuk Rekontruksi Gaza meresmikan peletakan batu pertama untuk proyek pembangunan Kota Syekh Hamd bin Khalifah Al-Tsani yang diperuntukan untuk para tawanan dan eks tawanan yang pernah ditahan dekat jalan pantai selatan kota Zahra.

Hadir dalam peresmian itu sejumlah tokoh di antaranya Duta Besar Qatar, Muhammad Imadi yang merupakan ketua Komite Qatar untuk Rekontruksi Gaza, Menteri Pekerjaan Umum Mufid Hasayinah dan wakil ketua parlemen Palestina, Dr. Ahmad Bahr dan puluhan eks tawanan Palestina, The Palestinian Information Center (PIC) Selasa (17/3), dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Kota tersebut berada di atas lahan seluas 48 hektar lebih yang disumbangkan Syekh Husain Farih Abu Madin yang terdiri dari 28 rusun dengan 360 unit hunian dengan pelayanan infrastruktur standar tinggi.

Muhammad Imadi menegaskan, itu adalah bagian dari proyek penting yang ditetapkan Emir Qatar Hamd bin Khalifah.

“Kami berterimakasih kepada presiden Mahmoud Abbas dan Pemerintah Persatuan Palestina yang dipimpin Rami Hamdallah dan semua pejabat pemerintah yang memberikan fasilitas kemudahan memasukkan bahan bangunan yang dibutuhkan untuk menyempurnakan proyek ini,” katanya.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum, Mufid Hasayinah menyambut baik Muhammad Imadi dan wakil ketua parlemen Palestina dan menilai peletakan batu pertama Kota Tawanan dan Eks Tawanan itu sebagai peristiwa penting dan titik tolak yang amat bernilai.

Dia menegaskan, proyek itu adalah bagian dari penyelesaikan realisasi bantuan senilai 470 juta USD untuk pemukiman warga di Gaza. Dia juga menyampaikan terimakasih kepada Emir Hamd dan Emir Tamim yang melanjutkan langkah ayahnya dalam mendukung Palestina.

Sebagai infromasi tambahan, masuknya bahan bangunan ke Jalur Gaza ini juga telah diawasi pihak Israel.

Di sisi lain, wakil ketua parlemen Palestina Dr. Ahmad Bahr menyampaikan terimakasih kepada Qatar atas kepeduliannya secara kemanusiaan, sosial dan politik sampai kepada tahap rekontruksi. “Qatar selalu mendukung rakyat Palestina di forum-forum internasional,” katanya. (T/P011/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0