Palestina Serukan Demo Deklarasi Balfour

Ramallah, MINA – Faksi-faksi Nasionalis dan Islam pada Senin (23/10) menyerukan demonstrasi massal dunia Islam di berbagai tempat di dunia dalam 100 tahun .

Faksi-faksi tersebut bertemu di Ramallah mengatakan, pusat demonstrasi akan diadakan di pusat kota Ramallah sampai tanggal 2 November, tepat 100 tahun, saat Menlu Inggris Arthur Balfour memberikan janjinya kepada orang-orang Yahudi untuk memiliki sebuah tanah air di Palestina dengan mengorbankan penduduk pribumi Arab.

Demonstrasi besar-besaran akan diadakan di Tepi Barat, Gaza, Al-Quds, di dalam Israel dan semua ibu kota dunia, dan meminta pemerintah Inggris untuk meminta maaf atas janji tersebut.

“Inggris harus meminta maaf kepada rakyat Palestina atas janji ini dan mengakui kejahatan historisnya terhadap rakyat kita dan harus membayar perbaikan untuk itu,” bunyi pernyataan, seperti disebutkan Kantor Berita Wafa.

“Inggris juga harus mengakui hak-hak orang-orang kita yang mencakup hak untuk mengembalikan para pengungsi, hak untuk menentukan nasib sendiri dan hak untuk memiliki negara Palestina yang merdeka dan berdaulat sepenuhnya dengan Yerusalem sebagai ibukotanya,” lanjut pernyataan mereka. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)