Palestina Serukan Penyelidikan atas Pembantaian Israel di Tantura 1948

Tepi Barat, MINA – Palestina pada Sabtu (22/1) menyerukan pembentukan komisi internasional untuk menyelidiki pembantaian yang dilakukan oleh Israel di desa Tantura Palestina selama Nakba (bencana) tahun 1948.

Seruan itu muncul setelah harian Israel Haaretz melaporkan penemuan kuburan massal di desa Tantura, di selatan Haifa, orang-orang Palestina yang dibantai oleh geng-geng Zionis pada Mei 1948.

“Kejahatan pendudukan tidak berhenti pada tahun 1948, tetapi masih berlanjut dengan cara rasis dan penuh kebencian, yang menyerukan pembukaan penyelidikan atas kejahatan ini,” kata Kementerian Luar Negeri dan Ekspatriat Palestina dalam sebuah pernyataan, WAFA melaporkan.

Pernyataan itu melanjutkan, “Yang diperlukan adalah kampanye internasional yang luas untuk membawa keadilan bagi para korban Palestina, dan untuk menghukum pejabat Israel dan lembaga resmi Israel yang terus menyembunyikan dan menutupi keburukan kejahatan dan pembantaian ini.”

Beberapa pembantaian warga Palestina oleh geng-geng Zionis terjadi di desa-desa Palestina selama perang 1948 dalam upaya untuk mengusir paksa warga Palestina dari rumah dan tanah mereka, sebuah tragedi yang oleh orang Palestina disebut sebagai “Nakba,” atau “Bencana”.

Dalam laporannya, Haaretz mengatakan, para perwira Israel “dari pertempuran 1948 di desa Tantura akhirnya berterus terang tentang pembunuhan massal orang-orang Arab yang terjadi setelah desa itu menyerah.”

Ia menambahkan bahwa film dokumenter berjudul “Tantura” akan ditayangkan secara online pekan depan, mencatat bahwa kesaksian tentara Israel yang berpartisipasi dalam pembantaian juga akan ditampilkan.

Haaretz mengatakan, kuburan massal setidaknya 200 mayat orang Palestina yang terkubur setelah eksekusi terletak di bawah tempat parkir Pantai Dor.

Pembantaian Tantura terjadi pada malam 22-23 Mei 1948, menurut sejarawan Palestina. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.