Palestina Upayakan Pemungutan Suara untuk Keanggotaan Penuh PBB

Perwakilan Tetap Palestina untuk PBB, Duta Besar Riyad Mansour. (foto: WAFA)

New York, MINA – Otoritas sedang mengupayakan pemungutan suara di Dewan Keamanan PBB bulan ini untuk menjadi anggota penuh badan global tersebut, kata Utusan Palestina untuk PBB Riyad Mansour, Senin.

Mansour, yang memiliki status pengamat tetap di PBB, mengumumkan rencana Palestina tersebut di saat perang Israel di Gaza melewati tonggak sejarah enam bulan di Gaza.

Dikutip dari Daily Sabah, Mansour mengatakan, tujuannya adalah agar Dewan Keamanan mengambil keputusan pada pertemuan tingkat menteri mengenai Timur Tengah pada 18 April, tetapi pemungutan suara belum dijadwalkan.

Dia mengatakan permohonan Palestina untuk keanggotaan penuh pada tahun 2011 masih tertunda karena Dewan Keamanan yang beranggotakan 15 negara tidak pernah mengambil keputusan resmi.

“Tujuannya adalah untuk mengajukan permohonan tersebut melalui pemungutan suara di Dewan Keamanan bulan ini,” tambahnya.

Permohonan untuk menjadi anggota penuh PBB harus disetujui oleh Dewan Keamanan – di mana Amerika Serikat dapat memberikan hak veto – dan kemudian setidaknya disetujui oleh dua pertiga dari 193 anggota Majelis Umum. (T/RI-1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.