Palestina-Yordania Sepakati Bangun Gudang Gandum

Kairo, MINA – Menteri Ekonomi Nasional Otoritas Palestina, Khaled Al-Aseeli, dan mitranya dari , Menteri Perindustrian dan Perdagangan, Yousef Al-Shamali, menyepakati kerjasama teknis bersama untuk membangun gudang gandum di Palestina.

Kesepakatan berlangsung di sela-sela pertemuan menteri Dewan Ekonomi dan Sosial dalam sesi ke-110 yang dipimpin Kerajaan Maroko, yang diadakan di markas Liga Negara-negara Arab di Kairo, Kamis (1/9).

Al-Shamali menyatakan kesiapan Yordania untuk memberikan keahlian di bidang membangun gudang gandum, dan disepakati untuk mengirim delegasi teknis Palestina untuk melihat pengalaman Yordania di lapangan.

Al-Aseeli menekankan keputusan pemerintah Otoritas Palestina untuk mendirikan gudang gandum di wilayah Otoritas Palestina, dalam rangka menjaga stabilitas ketahanan pangan di pasar Palestina, terutama setelah dampak pandemi Corona dan krisis Rusia-Ukraina saat ini.

Selasa lalu, pemerintah Otoritas Palestina memutuskan untuk mendirikan gudang gandum dan stasiun penyimpanan bahan bakar di Tepi Barat untuk menghadapi krisis.

Gudang gandum akan dibangun di daerah perbatasan yang dekat dengan penyeberangan atau pelabuhan, seperti kota Yerikho dan kota Hebron.

Rata-rata konsumsi tahunan gandum penduduk Palestina sekitar 450 ribu ton. Sedangkan rata-rata konsumsi gandum per kapita melebihi sekitar 125 kg per tahun, menurut statistik resmi Palestina. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.