Pameran Budaya “Kemilau Zamrud Khatulistiwa” dan Donasi Masyarakat Indonesia di Eropa

(Foto: Istimewa)

Perhimpunan Eropa untuk Indonesia Maju (PETJ) berhasil menggalang dana sebesar 1365 Euro atau setara 21,6 juta rupiah untuk disalurkan melalui Yayasan Pondok Kasih di Surabaya, Jawa Timur, bagi masyarakat ekonomi lemah di Indonesia yang terdampak .

Pengumpulan donasi dilakukan dalam acara “Kemilau Zamrud Khatulistiwa” pada Sabtu, 19 Maret 2022 di RuruHaus, Kassel, , pukul 11 hingga 17 waktu Eropa Tengah, bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Frankfurt, Jerman.

Dalam rilis diterima MINA, Kamis (24/3), perayaan ulang tahun kedua PETJ yang lahir pada 2 Februari 2020 di Budapest, Hongaria ini diwarnai dengan pameran dan penjualan kerajinan budaya Nusantara, pertunjukan budaya Indonesia, bazaar aneka kuliner tradisional hingga kuis berhadiah dari KJRI Frankfurt.

”Acara ini digelar untuk memperingati 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jerman sejak 1952 di berbagai bidang, baik ekonomi, perdagangan, investasi, pendidikan, sosial, budaya. Pagelaran budaya Indonesia ini untuk mempromosikan Wonderful Indonesia di Jerman yang akan diikuti dengan Pasar Senggol di Köln dan Indonesia Festival Frankfurt pada September 2022,” ujar Konjen RI di Frankfurt, Jerman, Acep Somantri yang mendukung penuh kegiatan ini.

Acara ini juga dalam rangka menyambut penyelenggaraan International Art Exhibition Documenta Fifteen, Juni hingga September 2022, dimana Ruang Rupa, seniman Indonesia, dipercaya menjadi kurator pagelaran seni berskala internasional.

”Saya sangat mengapresiasi berbagai kinerja dan kontribusi PETJ bagi pembangunan Indonesia sesuai bidang keahlian masing-masing dan kerja sama erat dengan perwakilan Indonesia di luar negeri. Harapan saya, lebih banyak lagi karya nyata PETJ untuk memajukan hubungan Indonesia dan Jerman serta negara-negara lain di Eropa,” tambahnya.

KJRI Frankfurt juga menggelar Warung Konsuler yang menawarkan layanan perpanjangan paspor dan layanan kekonsuleran lainnya, meliputi legalisasi, surat keterangan, lapor diri, perubahan data, visa ke Indonesia, kewarganegaraan, dll, bagi mereka yang telah mendaftar sebelumnya.

”Pertunjukan budaya Indonesia di Kassel ini membawa misi penting bagi perdamaian dan persahabatan di tengah kondisi berkecamuk saat ini, banyak pengungsi di Jerman akibat serangan Rusia ke Ukraina”, kata Christian Geselle, Walikota Kassel.

”Beraneka warna budaya Indonesia yang ditampilkan ini menyatu dengan indah. Ini cerminan dari ’lumbung’, istilah yang kini digunakan dalam Documenta Fifteen tentang berkumpul, berbagi, melibatkan semua, solidaritas dan bekerja sama mengubah dunia jadi lebih baik,” tegas Sabine Schormann, Direktur Jenderal Documenta GmbH.

“Selain pertunjukan budaya Indonesia untuk mempererat hubungan antar sesama warga Indonesia dan Friends of Indonesia di Eropa, PETJ juga menggalang dana bagi masyarakat di Indonesia melalui penjualan tombola berhadiah sebagai pengganti tiket masuk. Meski menetap di Eropa, hati kami tetap terpatri untuk Tanah Air Indonesia,” ujar Ari Manik, Ketua Umum PETJ.

Beberapa kali PETJ telah menggalang dana bagi masyarakat Indonesia yang terdampak Covid-19 maupun korban berbagai bencana alam di Tanah Air.

Masyarakat Indonesia di Eropa antusias mengikuti acara PETJ ini. Hingga batas akhir registrasi online, terdaftar sekitar 400 orang peserta. Pembatasan jumlah peserta dilakukan sesuai aturan protokol kesehatan Pemerintah Jerman.

Peserta wajib menunjukkan bukti vaksinasi Covid-19, bukti pulih dari penularan Covid-19 ataupun tes Covid-19 dengan hasil negatif. Live streaming di Youtube dan Facebook @perhimpunanetj memungkinkan acara ini disaksikan secara langsung dari seluruh penjuru dunia.

PETJ menggalang kerja sama masyarakat Indonesia di Eropa. PETJ menampung aspirasi dan inspirasi mendukung pembangunan Indonesia Maju melalui berbagai departemen yang dimiliki, seperti ekonomi dan investasi, ilmu pengetahuan dan teknologi, kesehatan, sosial, budaya, Hak Asasi Manusia (HAM), kesenian dan pariwisata, politik dan kaderisasi, lingkungan hidup, energi baru dan terbarukan, media dan kampanye.

PETJ kini memiliki Dewan Pengurus Wilayah di Austria, Belanda, Hongaria, Jerman, Portugal, Swiss dan simpatisan di 13 negara lain di Eropa.

Acara ini merupakan kerja sama dengan berbagai sponsor meliputi Aquamarine Shipping Consultant, Rasa Rindu Indonesia Market, Asiatische Träume Airways Travel, Logistik Bavaria, E. Heublein Floristik & Gartenbau.

Juga didukung oleh berbagai organisasi masyarakat Indonesia di Jerman meliputi Bad Hersfeld dan Göttingen, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Kassel, Grup Swargaloka Nusantara, Maharddika, Grup Pengajian Kassel, Persekutuan Kristen Indonesia (PERKI) Kassel, Gebhini, Merpati Frankfurt dan Perempuan Pelestari Budaya di Jerman.(AK/R1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.