PAMERAN PRODUK LOKAL JALUR GAZA

Oleh: Koresponden Mi’raj Islamic News Agency (MINA) di Jalur -Palestina

Kerasnya tekanan blokade zionis Israel terhadap masyarakat palestina di jalur gaza selama bertahun tahun ternyata tidak menyurutkan langkah kreativitas dan inovasi warga Palestina yang bermukim di Jalur Gaza. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya produk asli buatan warga yang dipamerkan dalam  pameran produk buatan lokal yang diselenggarakan oleh mahasiswa jurusan Universitas Islam Gaza (IUG) bekerja sama dengan Kementrian Perkebunan Palestina di Jalur Gaza.

Pameran tersebut bertajuk “produk buatan lokal : produk kita adalah keunggulan dan ketabahan”. Pameran ini adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan di area kampus IUG.

“Ini adalah pameran dagang yang fokus di sektor industri dan agrikultur atau pertanian,” ungkap ketua penyelenggara pameran tersebut, Abu Hajjaj di lokasi pameran, Jalur Gaza, Selasa.

Diadakannya kegiatan semacam ini, lanjut abu hajjaj, merupakan salah satu upaya membantu para wira usahawan lokal dalam mengembangkan produk-produk dalam negeri. Pameran ini di ikuti oleh lebih dari 50 badan usaha lokal,  tujuan lain pameran ini adalah untuk menunjukan kepada masyarakat Jalur Gaza khususnya dan dunia internasional umum nya bahwa warga palestina mampu menghasilkan produk sendiri dengan kualitas tinggi dan dapat bersaing.

“Semoga kegiatan ini membantu pemerintah Palestina dalam menghadapi krisis ekonomi yang diakibatkan oleh blokade dengan menanamkan semangat swadesi,” lanjut Abu Hajjaj.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Abu Hajjaj, Rahf Shiyam mahasiswi jurusan psikologi IUG menambahkan “Pameran ini sangat luar biasa dimana masyarakat menjadi sadar dan mengetahui bahwa banyak produk buatan lokal yang ternyata kualitasnnya tidak kalah dengan produk luar”.

“Harapan kami terhadap pameran ini adalah agar media-media lokal dan asing menyampaikan kepada khalayak internasioal, ,bahwa kami bukan sekedar masyarakat konsumtif melainkan juga produktif dengan berbagai sisi positif lainnya,” ujar mahasisiwi semester partama itu.

Pameran produk dalam negeri kali ini bukanlah yang pertama kalinya melainkan sudah kali ke lima diadakan di kampus IUG. Berbagai produk lokal tampak menyemarakkan kegiatan tahunan ini. Diantara berbagai produk tersebut adalah produk pakaian, makanan, bahan bangunan, tumbuh-tumbuhan dan lain-lain. Kegiatan ini berlangsung selama empat hari dimulai sejak tanggal 13 april 2014 sampai dengan 17 april 2014. (L/KJ/P015/EO2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0