Pangeran Khaled bin Salman, Duta Besar Arab Saudi yang Baru untuk AS

Pangeran Khaled bin Salman ditunjuk sebagai Duta Besar untuk Amerika Serikat. (Foto: dok. Al Arabiya)

 

Riyadh, 9 Sya’kban 1438H / 6 Mei 2016 (MINA) – Pangeran Khaled bin Salman ditunjuk sebagai Duta Besar Arab Saudi untuk Amerika Serikat (AS), menggantikan Pangeran Abdullah bin Faisal bin Turki, pada hari Sabtu, 22 April 2017.

Pangeran Khaled adalah seorang adik laki-laki dari Pangeran Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman. Ia adalah mantan pilot F-15 yang lulus dari Columbus Air Force Base di Mississippi, AS. Sebelumnya pada tahun 2014, ia berpartisipasi dalam koalisi internasional untuk melawan kelompok militan kuat Islamic State (ISIS) sebagai pilot angkatan udara. Demikian Saudi Press Agency yangdikutip MINA, Sabtu.

“Putra-putra saya, para pilot, memenuhi kewajiban mereka terhadap agama mereka, tanah air mereka dan rajanya,” kata Raja Salman yang saat itu masih sebagai Pangeran Putra Mahkota Arab Saudi pada tahun 2014.

Arab Saudi bersama dengan Amerika Serikat, Uni Emirat Arab, Bahrain, Qatar dan Yordania, melakukan serangan udara setelah membentuk koalisi bersamaan dengan lusinan negara lainnya untuk melawan ISIS.

Baca Juga:  Muslim Wajib Tahu, Asal Mula Nama Palestina

Pangeran muda ini menggantikan Pangeran Abdullah bin Faisal yang telah bertugas selama lebih dari setahun ketika diangkat pada bulan Oktober 2015.

“Pangeran Abdullah bin Faisal bin Turki telah diberhentikan sebagai duta besar untuk AS. Pangeran Khaled bin Salman bin Abdulaziz ditunjuk sebagai duta besar (pengganti),” kata perintah Kerajaan yang dikutip kantor berita resmi Saudi Press Agency (SPA).

Komite Urusan Hubungan Saudi-Amerika (SAPRAC), sebuah LSM untuk memperkuat hubungan antara Saudi-AS yang berbasis di Washington D.C., mengatakan bahwa mereka yakin Pangeran Khaled akan membantu melanjutkan tumbuhnya perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran hubungan antara kedua negara.

Salman Al-Ansari, seorang pengamat politik Arab Saudi sekaligus Presiden SAPRAC menggambarkan Pangeran Khaled sebagai “kepribadian yang sangat terorganisir, cerdas, awet muda, dan aktif.”

“Dia dilihat sebagai versi modernnya Bandar bin Sultan, yang juga dilatih sebagai pilot pesawat tempur sebelum mendominasi hubungan AS-Saudi selama lebih dari dua dekade sebagai duta besar di Washington,” kata Simon Henderson, Direktur Program Kebijakan Teluk dan Energi di Institut Washington dalam tulisannya di awal 2017.

Baca Juga:  Fenomena Masyarakat Barat Dukung Palestina

 

Pendidikan

Pangeran Khaled memperoleh gelar Bachelor of Aero Science dari Akademi Udara Raja Faisal. Dia melanjutkan studinya di Amerika Serikat di Universitas Harvard, sekaligus mendapatkan sertifikat untuk Eksekutif Senior dalam bidang Keamanan Nasional dan Internasional. Dia juga belajar perang elektronik lanjutan di Paris, Perancis.

Dia melanjutkan akademinya di Universitas Georgetown untuk meraih gelar Master of Arts dalam Studi Keamanan, tapi studinya ditangguhkan karena tugas pekerjaan yang berbeda dan akhirnya diangkat oleh Penjaga Dua Suci Raja Salman sebagai Duta Besar Arab Saudi untuk Amerika Serikat.

Karir Militer

Setelah lulus dari Akademi Udara Raja Faisal, Pangeran Khalid bergabung dengan Angkatan Udara Kerajaan Saudi. Dia memulai karirnya sebagai pilot di pesawat Texas-6 dan T-38 di Columbus Air Force Base di Mississippi.

Dia kemudian memulai program Flying F-15S sebagai pilot dan ditugaskan sebagai Petugas Intelijen Taktis selain menerbangkan F-15S di Skuadron 92 untuk Flying Wing ke-3 di Pangkalan Udara King Abdulaziz di Dhahran, Arab Saudi.

Baca Juga:  Ammo Baba, Pelatih Bola Legendaris Irak

Dilatih sebagai pilot tempur dengan waktu tempuh hampir 1.000 jam, Pangeran Khaled telah menerbangkan misi melawan ISIS sebagai bagian dari Koalisi Internasional. Dia juga telah menerbangkan misi di Yaman sebagai bagian dari Operation Decisive Storm dan Operation Renewal of Hope.

Untuk pelayanannya di Angkatan Udara Saudi, Pangeran Khaled telah menerima banyak penghargaan. Ia pernah dianugerahi medali Operation South Shield,  medali Battlefield, medali Workmanship, dan medali Latihan Pedang Abdullah.

Pangeran Khalid dilatih secara ekstensif bersama militer AS, baik di Amerika maupun di Arab Saudi, termasuk di Nellis Air Force Base di Nevada. Sebuah cedera punggung memaksa dia untuk berhenti terbang dan kemudian dia bekerja sebagai pejabat di kantor Menteri Pertahanan.

 

Karir Pascamiliter

Pangeran Khaled diangkat menjabat penasihat sipil senior di Kementerian Pertahanan Kerajaan setelah tugas aktifnya di militer berakhir.

Akhir tahun 2016, dia pindah ke Amerika Serikat dan bertugas sebagai penasihat Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi untuk AS.

Pangeran Khaled kemudian menjadi Duta Besar kesepuluh Arab Saudi untuk  AS sejak 1945. (RI-1/P1)

Miraj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.