PARA AKTOR DAN PENULIS ASAL INGGRIS SERUKAN SANKSI TERHADAP ISRAEL

Foto: PNN
Foto: PNN

London, 6 Ramadhan 1436/23 Juni 2015 (MINA) – Para aktor, penulis, akademisi dan arsitek asal meminta pemerintah Inggris untuk mendorong langsung terhadap hingga mematuhi hukum internasional dan mengakhiri pendudukan di wilayah .

Mereka yang memiliki nama besar di dunia film dan musik, serta 20.000 anggota masyarakat Inggris telah menandatangani yang akan di sampaikan ke gedung parlemen negara itu, Selasa (23/6).

Sutradara film, Ken Loach dan Peter Kosminsky, aktor Maxine Peake, Samuel West dan Miriam Margolyes, musisi Brian Eno, penyair Benjamin Zephaniah serta penulis dan akademisi, Tariq Ali dan Karma Nabulsi, mereka telah menempatkan nama mereka dan mendukung petisi tersebut.

Will Alsop OBE, arsitek pemenang penghargaan RIBA, penandatangan petisi lainnya mengatakan, “Saya telah menandatangani petisi ini dan saya merasa keberatan dengan orang-orang di Jalur Gaza yang terpaksa tinggal di sebuah kamp penjara.”

Miriam Margolyes OBE, yang berperan sebagai Profesor Sprout dalam film Harry Potter, mengatakan,”Dengan rasa sedih yang mendalam, saya merasa terikat untuk menandatangani petisi yang menyerukan sanksi terhadap Israel,” demikian Palestine News Network (PNN) melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Netanyahu jelas berkomitmen untuk melanjutkan pendudukan, permukiman ilegal dan mengabaikan resolusi PBB. Hanya sanksi internasional yang mungkin dapat diresapi oleh Israel dan membujuk mereka untuk menghentikan kejahatan yang mereka perbuat,” tambahnya.

Sutradara Film, Ken Loach mengatakan, “Kita tidak boleh menerima lagi cemoohan Israel terhadap hukum internasional, pencurian tanah Palestina, dan penindasan terhadap rakyat Palestina.”

Petisi tersebut digelar oleh , sebuah organisasi yang didedikasikan untuk kampanye HAM dan keadilan, dalam menanggapi sikap Israel yang menyuarakan penentangan mereka terhadap negara Palestina.

Hugh Lanning, Ketua Kampanye Solidaritas Palestina mengatakan, “Rakyat Palestina layak memiliki kebebasan untuk masa depan dan pekerjaan. Pengenaan sanksi oleh pemerintah Israel dan Uni Eropa akan berusaha untuk mencapai itu semua.”

Lanning akan bergabung bersama Perdana Menteri Richard Burden, Ketua Kelompok Partai Inggris-Palestina, Haya Al-Farra dari Misi Palestina di Inggris, dan Sarah Colborne, Direktur Kampanye Solidaritas Palestina, untuk menyampaikan permohonan ke kantor Perdana Menteri Israel.

Penandatanganan petisi berlangsung pada 23 Juni 2015, selama acara PSC’s National Lobby of Parliament for Palestine, di mana sekitar 168 anggota parlemen akan melobi kepada para konstituen mengenai masalah Palestina.

Penandatangan petisi meliputi: Tariq Ali (penulis, wartawan, pembuat film), Will Alsop (arsitek), Jonathan Chadwick (sutradara teater, penulis), Selma Dabbagh (penulis), Brian Eno (musisi), Peter Kosminsky (penulis), sutradara, produser), Paul Laverty (pengacara, penulis naskah), Ken Loach (sutradara), Miriam Margolyes (aktor), Karma Nabulsi (penulis, akademisi), Maxine Peake (aktor), Alexei Sayle (komedian, penulis, presenter), Ahdaf Soueif (penulis, komentator), Samuel Barat (aktor), Benjamin Zephaniah (penyair, penulis, musisi). (T/P008/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0