Paramiliter RSF Sudan Umumkan Gencatan Senjata 72 Jam Selama Idul Fitri

Khortum, MINA – Kelompok paramiliter Pasukan Dukungan Cepat () mengumumkan kemanusiaan 72 jam mulai dari pukul 6 pagi waktu setempat pada hari Jumat (21/4), bertepatan dengan , lapor Anadolu Agency.

“Gencatan senjata bertepatan dengan Idul Fitri yang diberkahi…dan untuk membuka koridor kemanusiaan mengevakuasi warga dan memberi mereka kesempatan untuk menyapa keluarga mereka,” RSF mengumumkan dalam sebuah pernyataan di Twitter.

Dalam pernyataannya, RSF menegaskan komitmennya untuk gencatan senjata penuh dan memperingatkan terhadap “pelanggaran terus menerus dari pihak lain.”

Pertempuran meletus sejak Sabtu (15/4), antara Angkatan Bersenjata Sudan (SAF) dan RSF di ibu kota Khartoum dan sekitarnya.

RSF menuduh tentara menyerang pasukannya di selatan Khartoum dengan senjata ringan dan berat sementara militer mengklaim bahwa “menyebarkan kebohongan” dan menyebutnya sebagai kelompok “pemberontak”.

Sudan tidak memiliki pemerintahan yang berfungsi sejak Oktober 2021, ketika militer membubarkan pemerintahan transisi Perdana Menteri dan menyatakan keadaan darurat dalam apa yang oleh kekuatan politik disebut sebagai “kudeta”. (T/R7/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.