Parlemen Arab: Hentikan Kejahatan Pendudukan Israel terhadap Tahanan

Amman, MINA – menyerukan lembaga hak asasi manusia dan lembaga hukum internasional untuk menghentikan kejahatan pendudukan Israel terhadap Palestina.

Dalam pernyataan pers yang disiarkan Quds Press, Rabu malam (14/12/2022), Wakil Ketua Parlemen Khalil Attia menyerukan perlindungan tahanan Palestina dari serangan sengit yang dilakukan terhadap mereka di penjara-penjara Israel, sebagai upaya untuk merebut hak mereka.

Dia menekankan perlunya menghentikan kejahatan penahanan harian terhadap rakyat Palestina, dan untuk membentuk komite investigasi independen atas kejahatan pendudukan yang dilakukan terhadap para tahanan.

Seruan terutama mengingat banyaknya para tahanan yang gugur di dalam penjara dan maraknya infeksi mereka dengan penyakit serius di dalam pusat penahanan Israel tanpa penangan kesehatan.

“Di mana organisasi hak asasi manusia dan konvensi hak anak mengenai penahanan berkelanjutan terhadap 160 anak Palestina di bawah usia dalam kondisi tidak manusiawi?” ujarnya.

Dia juga mengecam penahanan administratif lanjutan dari wakil Gerakan Perlawanan Islam Hamas, Nasser Abdel-Jawad, dan perlunya pembebasannya.

Dia juga menyeru masyarakat internasional dengan semua lembaga kemanusiaannya, untuk mengutuk penahanan berkelanjutan terhadap 35 wanita Palestina tanpa kunjungan dan perawatan.

Catatan menyebutkan, jumlah tahanan Palestina di penjara-penjara pendudukan hingga akhir Oktober lalu, sekitar 4.760 tahanan, termasuk 33 tahanan wanita, 160 anak di bawah umur, dan 820 tahanan administratif. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.