AS Perkenalkan RUU Tangguhkan Jual Senjata ke Saudi

Washington, MINA – Sekelompok bipartisan anggota pembuat undang-undang Amerika Serikat (AS) pada Rabu (24/10) memperkenalkan RUU untuk segera menangguhkan penjualan senjata kepada .

Pembentukan RUU di bangun dari kasus pembunuhan brutal terhadap wartawan Saudi atau kritikus terkemuka .

Dua puluh anggota pembuat undang-undang menandatangani RUU yang disponsori oleh Anggota Kongres James McGovern. Ia juga menyerukan penghentian bantuan keamanan AS-Saudi, berbagi intelijen dan pelatihan.

“Di bawah Pemerintahan Demokrat dan Republik, saya telah meminta tinjauan serius atas penjualan senjata kita kepada pemerintah Saudi,” kata McGovern, demikian The New Arab melaporkan yang dikutip MINA.

“Dengan pembunuhan Jamal Khashoggi, sudah waktunya bagi Amerika Serikat untuk menghentikan semua penjualan senjata dan bantuan militer ke Arab Saudi. Nilai-nilai demokrasi kita berada di garis depan dan kita perlu melangkah sebagai negara dan melakukan hal yang benar,” tambahnya.

Setelah lebih dari dua pekan menyangkal, pada Sabtu (20/10) Arab Saudi mengakui bahwa Khashoggi (59) tewas di konsulatnya di Istanbul pada 2 Oktober.

Sejak pengakuan itu, Washington telah meningkatkan tekanan terhadap Riyadh, termasuk dengan mencabut visa dari hampir dua lusin pejabat Saudi yang terlibat dalam pembunuhan itu. (T/RI-1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.