Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Parlemen Tunisia Bahas RUU Hubungan dengan Israel sebagai Pengkhianatan Besar

Ali Farkhan Tsani - Sabtu, 4 November 2023 - 02:58 WIB

Sabtu, 4 November 2023 - 02:58 WIB

1 Views

Tunis, MINA – Parlemen Tunisia mulai membahas Rancangan Undang-Undang (RUU) yang akan mendefinisikan setiap upaya untuk menormalisasi hubungan dengan Israel sebagai pengkhianatan besar, dengan alasan sebagai bentuk dukungan terhadap perjuangan Palestina

Tunisia dan Israel pernah bertukar “kantor kepentingan” pada akhir tahun 1990-an. Namun, Tunis memutuskan hubungan pada tahun 2000, di tengah Intifada Kedua Palestina.

Parlemen Tunisia melaporkan. Proposal RUU mendefinisikan “normalisasi sebagai pengakuan terhadap entitas Zionis atau pembentukan hubungan langsung atau tidak langsung.” Palestine Chronicle melaporkan, Jumat (3/11).

Rancangan mengklasifikasikannya sebagai kejahatan dalam kategori “pengkhianatan tingkat tinggi.”

Baca Juga: Bertemu Raja Malaysia, Prabowo Sampaikan Komitmen Kerja Sama Bilateral

Sementara itu, demonstrasi warga terjadi di luar Gedung Parlemen, menyerukan pengesahan segara RUU tersebut.

Interaksi apa pun dengan warga Israel, termasuk dalam acara, demonstrasi, pertemuan, pameran, dan kompetisi, serta dalam konteks apa pun, baik politik, ekonomi, ilmu pengetahuan, budaya, seni atau olahraga di wilayah yang dikuasai atau diduduki oleh Israel, akan dilarang.

Siapa pun yang dinyatakan bersalah melakukan “normalisasi” dapat menghadapi hukuman 6-10 tahun penjara dan denda hingga 100.000 dinar Tunisia ($31.553, sekitar Rp492 juta). Sementara pelanggar berulang dapat dipenjara seumur hidup. Demikian di antara isi RUU.

“Ada kesepakatan total antara presiden, parlemen, dan opini publik” mengenai masalah ini, kata ketua parlemen Ibrahim Bouderbala dalam pidato pembukaan sidang.

Baca Juga: Sebanyak 6.251 Siswa di Mesir Selesaikan Hafalan Al-Quran Sekali Duduk

“Kami sangat yakin Palestina harus dibebaskan dari sungai hingga laut, dan negara Palestina harus didirikan dengan Yerusalem suci sebagai ibu kotanya,” ujarnya.

Presiden Tunisia Kais Saied bulan lalu mengatakan bahwa “adalah tugas Tunisia untuk membela rakyat Palestina dan menyatakan siapa pun yang ingin menormalisasi hubungan dengan Israel adalah pengkhianat.” (T/RS2/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Jet Turkiye Tampil pada Pertunjukan Udara Internasional di Mesir

Rekomendasi untuk Anda

Dunia Islam
Palestina
Indonesia
Internasional
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia