Parlemen Venezuela Ratifikasi Draft UU Dukung Perjuangan Palestina

Caracas, MINA – Majelis Nasional (MNV) dalam sesi pertemuan rutinnya, memberikan suara bulat pada rancangan “Perjanjian Solidaritas dengan Negara dan Rakyat ” pada momen Peringatan 74 Tahun Nakba.

Dalam proyek pernyataan tersebut, menyatakan penolakannya terhadap pembunuhan jurnalis Palestina Shireen Abu Akleh oleh pasukan pendudukan Israel, Pusat Informasi Palestina melaporkannya, Sabtu (21/5).

Anggota parlemen Bossi Kamla Galeano mewakili Kelompok Persahabatan dengan Palestina menggambarkan Nakba sebagai bencana terhadap kemanusiaan yang dilakukan oleh Zionisme fasis terhadap seluruh rakyat.

Ia menyerukan kepada anggota Majelis Nasional dan seluruh rakyat Venezuela untuk selalu mendukung rakyat Palestina dalam perjuangan mereka melawan pelanggaran pendudukan Israel.

Rancangan pernyataan tersebut menyebutkan Nakba Palestina yang terjadi 74 tahun lalu dan menganggapnya sebagai pencurian terang-terangan atas tanah Palestina dan kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan terhadap rakyat Palestina.

Dia menyerukan realisasi hak kembali dan hak kewarganegaraan bagi semua rakyat Palestina, dan perlunya menghancurkan tembok pemisah dan apartheid Israel.

Pernyataan tersebut membawa pesan dukungan dan solidaritas terhadap rakyat Palestina dalam menghadapi kejahatan yang dilakukan oleh pendudukan Israel terhadap mereka.

Semua parlemen dunia dituntut memberikan dukungan kepada rakyat Palestina dan mematuhi resolusi PBB yang relevan, terutama resolusi nomer 192 terkait dengan “hak kembali pengungsi” dan warga Palestina yang terusir dan nomer 242 terkait dengan wilayah Palestina yang diduduki pada tahun 1967 dan menyerukan “Israel”, kekuatan pendudukan untuk menarik diri.

Dalam sidang parlemen Venezuela diwarnai sejumlah interupsi oleh para wakil dari semua spektrum kekuatan politik, di mana mereka mengecam agresi kolonial Israel yang sedang berlangsung terhadap rakyat Palestina.

Para wakil rakyat Venezuela menyatakan dukungan penuh dan solidaritas mereka dengan tujuan rakyat Palestina mewujudkan keadilan dan tekad mereka untuk berjuang di semua lini untuk mencapai cita-cita rakyat Palestina untuk mendapatkan hak-hak mereka yang sah.(R/R1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.