PARTAI LIKUD RAIH 30 KURSI DI PARLEMEN ISRAEL

Seorang wanita Israel berjalan di depan poster partai Likud. (Foto: Dok. Ivarfjeld.com)
Seorang wanita berjalan di depan poster . (Foto: Dok. Ivarfjeld.com)

Haifa, 27 Jumadil Awwal 1436/18 Maret 2015 (MINA) – Partai Perdana Menteri Israel , Partai Likud, memenangkan 30 kursi di parlemen dalam Selasa (17/3) lalu, sedangkan saingan utamanya, Zionist Union pimpinan Isaac Herzog, hanya mendapat 24 kursi.

Menurut hasil resmi penghitungan suara yang dirilis Rabu (18/3), Netanyahu akan berkuasa kembali mempertahankan kantornya dan membentuk pemerintahan berikutnya.

Joint Arab Coalition, aliansi empat partai Palestina di Israel, memperoleh 14 kursi, Al Jazeera yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), melaporkan.

Sementara itu partai berhaluan moderat Yesh Atid yang dipimpin mantan Menteri Keuangan Yair Lapid, meraih 11 kursi. Partai Kulanu yang memisahkan diri dari sayap kanan dan dipimpin mantan anggota Likud, Moshe Kahlon, mendapat sepuluh kursi.

Beberapa partai sayap kanan seperti Jewish Home memperoleh delapan kursi. Partai agama seperti Shas dan United Torah masing-masing mendapat tujuh kursi dan ultra-nasionalis Yisrael Beitenu enam kursi.

Partai Zionis sayap kiri Meretz hanya empat kursi.

Presiden Israel Reuven Rivlin menyerukan pemerintah persatuan nasional antara Likud dan Zionist Union.
Menurut jajak pendapat yang dilakukan oleh Israel Channel, 10,53 persen warga Yahudi Israel menentang koalisi seperti itu.

Beberapa analis memperkirakan Netanyahu akan berkoalisi dengan sayap kanan dan partai agama.

Partai Likud mengumumkan Rabu pagi, Netanyahu telah mengulurkan tangan kepada para pemimpin partai yang dia harap mau membentuk koalisi, seperti Partai Jewish Home, Kulanu, Yisrael Beitenu, Shas dan United Torah. (T/P001/P2)
Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0