Pasca Gempa, RZ Tak Lupakan Pidie Jaya

Rumah Zakat bersinergi dengan PT Tower dan Infrastructure Tbk, secara simbolis menyerahkan 1.000 sak semen untuk warga yang terdampak gempa di Pidie Jaya. (foto: RZ)

Banda Aceh, 14 Rabi’ul Akhir 1438/ 13 Januari 2017 (MINA) – Pasca gempa bumi Pidie Jaya, Aceh pada 7 Desember lalu, Rumah Zakat (RZ) tidak melupakan dengan memberikan yang terus memberikan pelayanan kepada masyarakat setempat yang terdampak bencana.

Manager RZ Aceh Riadhi, baru-baru ini mengatakan, sampai hari ini pihaknya telah memobilisasi 70 relawan, sembilan dokter, dua psikolog dan dua asisten, tiga unit Ambulance, satu unit Mobil Klinik, satu mobil Tangki air, dan 12 kendaraan operasional, demikian yang diterima MINA, Kamis (13/1)

“Kami telah membangun dapur umum, pelayanan kesehatan, logistik dan mengadakan trauma healing,” katanya.

Pembangunan yang dilakukan RZ yaitu, dapur umum di Gampong Mesjid Tuha berakhir (16/12) dengan menyediakan 37.400 porsi makan untuk 1.700 pengungsi, dan membangun dapur umum di Balai Ara Gampong Deah Pangwa berakhir (21/12) dengan menyediakan sebanyak 10.540 porsi untuk 340 pengungsi.

Dan pembangunan dapur umum di Deah Teumanah berakhir (21/12) menyediakan 10.000 porsi untuk 500 pengungsi. Dapur umum di Gampong Mesjid, Kec Pante Raja berakhir (20/12) menyediakan 7.500 porsi untuk 500 pengungsi.

“Pelayanan kesehatan yang telah dilaksanakan melayani 1.754 pasien, layanan bermain ceria bersama anak-anak selama 9 hari terakhir sebanyak 400 anak,” tambahnya.

Ia memaparkan, pihaknya telah memberikan bantuan logistik di enam titik diantaranya, Gampong Mesjid Tuha kec Meuredu, Dusun Balai Ara Deyah Pangwa, Gampong Deyah Pangwa Kec Trienggading, Gampong Deyah Teumanah, Meunasah Gampong Mee Pangwa, dan Gampong Kuta Pangwa 3.200 penerima manfaat.

Relawan RZ juga mengadakan trauma healing di Gampong Deyah Teumanah yang melayani 165 anak, di pos segar melayani 1.600 masyarakat.

Sebanyak 140.000 liter air bersih yang disalurkan RZ di Trienggadeng dan Kecamatan Meureudu sejak 29 Desember 2016 sampai 6 Januari 2017.

“Titik Salur Kecamatan Trienggadeng (Gp Peulandok Tunong, Rawa Sari, Mee Pangwa, Kuta Pangwa, Deah Pangwa), Kec. Meuredu (Gp Meunasah Balek, Pante Beurenee),” katanya.

Riadhi mengaku, pihaknya menyalurkan 105 paket Sekolah (tas sekolah, Buku Tulis, Balpoint, Pensil, Kotak Pensil, penggaris, pensil warna dan Kaos kaki) di SDN Cubo, Kec. Bandar Baru.

Menurut Riadhi, kegiatan RZ sejak 9 Januari 2017 yaitu memobilisasi 4 orang relawan, perlengkapan Sekolah, persiapan renovasi Meunasah DEE, mempersiapkan renovasi MCK dan memasang alat Filtrasi Air di Meunasah Balek Kecamatan Meuredu.

“Kami bersinergi dengan PT Tower dan Infrastructure Tbk secara simbolis menyerahkan 1.000 sak semen untuk warga yang terdampak gempa di Gampong Mee, Peudeuk, Kecamatan Tringgadeng, Pidie Jaya,” tambahnya.

Simbolis tersebut dihadiri, Erliadi (dari Geucik Gampong Mee Peudeuk), Chief Bussiness Support Mr. Lie Si An direktur RZ Pusat Asep Nurdin, Branch Manager RZ Aceh Riadhi.

Mr.Lie Si An Asep Nurdin, menyampaikan bahwa RZ berterima kasih atas sinergi PT.Tower Bersama Insfratructure,Tbk.

“Semoga bantuan ini bisa dirasakan manfaatnya masyarakat yang terdampak gempa di Pidie Jaya,” ujar Asep Nurdin.

Riadhi menambahkan, bantuan dari masyarakat Aceh dan nasional secara bertahap sudah disalurkan hingga masa recovery berlangsung.

“Semoga Allah membalas dengan sebaik-baik balasan,” kata Riadhi.(L/R10/RS3)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)