Pasukan AS Bentrok dengan Loyalis Pemerintah Suriah

London, MINA – Pasukan AS bentrok dengan pasukan loyalis pemerintah Suriah di timur laut negara konflik itu, Rabu (12/2), setelah salah satu patroli mereka diserang dekat kota Qamishli di timur laut, kata pengamat perang.

Menurut laporan lembaga pengamat Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) pasukan AS menghadapi loyalis Pemerintah Suriah dengan serangan udara dan tembakan langsung. Pasukan AS membunuh seorang loyalis pemerintah dalam bentrokan langka di desa Khirbet Amo yang dikuasai pasuakan pemerintah, demikian The New Arab melaporkan.

Pesawat-pesawat tempur AS melancarkan satu serangan sebelum konfrontasi berakhir dengan konvoi AS menarik diri dari daerah itu, kata SOHR dan koresponden The New Arab.

Namun, jurubicara koalisi pimpinan AS Myles Caggins membantah adanya serangan AS yang terjadi.

“Pasukan koalisi, yang melakukan patroli di dekat Qamishli, Suriah, menemui sebuah pos pemeriksaan yang ditempati oleh pasukan rezim pro-Suriah,” kata Caggins dalam sebuah pernyataan.

“Patroli itu mendapat serangan senjata ringan dari orang-orang yang tidak dikenal. Untuk membela diri, pasukan koalisi membalas tembakan,” katanya.

Caggins mengatakan, patroli itu kembali dengan selamat ke pangkalan setelah situasinya “menurun”. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)