Pasukan India Tembaki Pelayat Pemakaman Komandan Al-Badr Kashmir

Shopian, MINA – Pasukan keamanan India menembaki warga Muslim Kashmir yang datang berbondong-bondong melayat ke pemakaman komandan tertinggi kelompok militan Al-Badr di distrik Shopian pada Ahad (13/1).

Komandan Al-Badr, Zeenat-ul-Islam bersama rekannya Shakeel Ahmad Dar gugur pada Sabtu malam dalam baku tembak di distrik tetangga, Kalgam.

Seorang pelayat mengatakan kepada Greater Kashmir, ketika personel pasukan mencoba mendatangi lokasi pemakaman di desa Sugan, beberapa pemuda melemparkan batu ke arah pasukan, khawatir pasuka itu menghalangi prosesi pemakaman.

Lautan manusia menghadiri shalat jenazah Zeenat hingga beberapa putaran disebabkan jumlah pelayat yang ribuan.

Personel pasukan, katanya, menembakkan amunisi langsung ke pelayat, membuat setidaknya 12 dari mereka terluka.

Seorang pejabat polisi mengatakan, tidak ada pengerahan polisi di atau sekitar desa itu, tetapi prajurit tentara Rashtriya Rifles 44 berjaga di daerah itu sejak Sabtu malam.

“Seorang wanita yang diidentifikasi bernama Showki Jan juga menderita cedera setelah dia ditabrak kendaraan militer,” kata pejabat yang tidak mau disebutkan namanya itu.

Seorang pejabat senior polisi yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan, tentara militer mengerahkan pasukannya di daerah itu meskipun ada keberatan dari polisi.

Seorang pejabat di rumah sakit kabupaten Pulwama mengatakan mereka menerima enam orang dengan luka tembak dan peluru. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)