Pasukan Israel Kembali Serang Jamaah Tarawih di Masjid Al-Aqsa

Yerusalem, MINA – Pasukan pendudukan Israel kembali menyerang jamaah warga Palestina yang sedang melaksanakan shalat tarawih di , Kamis malam (6/4/2023), sehari setelah serangan pertama, bulan Ramadhan ini.

Pasukan Israel secara paksa membatasi warga Palestina yang hendak melaksanakan shalat Tarawih, Kamis malam. Arab News melaporkan.

Pejabat otoritas Palestina melaporkan, jamaah shalat Tarawih turun drastis, sekitar 20.000 orang, dari malam sebelumnya sekitar 80.000 orang.

Ribuan jamaah terpaksa melakukan salat di depan gerbang pintu Al-Aqsa. Segera setelah selesai shalat, pasukan Israel mengusir mereka dari daerah tersebut.

Organisasi Kuil ekstremis Yahudi telah meminta pendukung mereka untuk menyerbu Al-Aqsa dalam ritual Paskah Yahudi yang berakhir pekan depan.

Syaikh Omar Al-Kiswani, Direktur Masjid Al-Aqsa, mengatakan beberapa Muslim tidak dapat shalat Subuh pada hari Kamis, karena pembatasan ketat dari pasukan Israel, penempatan militer di gerbang masuk dan penguncian beberapa titik di Tepi Barat.

Sebanyak 199 pemukim illegal Yahudi telah menyerbu Al-Aqsa di bawah perlindungan polisi Israel pada hari Kamis, katanya.

Para ahli mengatakan, biaya kerusakan yang disebabkan oleh tindakan brutal polisi Israel di dalam Masjid Al-Aqsa pada hari Rabu, bisa mencapai puluhan ribu dolar (ratusan juta rupiah).

Jendela kaca berharga, pintu, perpustakaan Al-Quran dan klinik, semuanya rusak.

Al-Kiswani menambahkan, khatib Al-Aqsa Syaikh Mohammed Sarandah dipanggil oleh otoritas keamanan Israel sebelum dimulainya Ramadhan dan dituduh menghasut jamaah.

Dia kemudian dideportasi dari Al-Aqsa selama dua bulan.

Dia menyerukan perlunya intervensi negara-negara Arab dan Islam untuk dapat menghentikan serbuan Israel ke Masjid Al-Aqsa, pada bulan Ramadhan ini.

Pada hari Kamis, Yordania dan Palestina mengajukan permintaan bersama kepada Dewan Keamanan PBB untuk mengadakan sesi darurat tertutup pada hari Jumat untuk membahas pelanggaran Israel di Masjid Al-Aqsa.  (T/RS2/B04)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.