Pasukan Israel Lancarkan Operasi Pengerebekan Besar-besaran

Tentara Israel menangkap warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki, 31 Mei 2020. (Foto: Nedal Eshtaya/APAimages)

Jenin, MINA – Pasukan pendudukan Israel melancarkan operasi penggerebekan besar-besaran dalam sepekan terakhir di banyak wilayah Tepi Barat yang diduduki dan menangkap sejumlah warga, termasuk seorang pemimpin Hamas terkemuka.

Serangan operasi itu menargetkan kota Ya`bad di Jenin, setelah seorang tentara Israel terbunuh dalam bentrokan dengan warga Palestina yang memprotes operasi besar-besaran yang telah terjadi sebelumnya, demikian dikutip dari MEMO.

Pasukan Israel terus memberlakukan pembatasan ketat pada Ya`bad, seperti menutup banyak jalan utama kota, melakukan penangkapan dan penggerebekan secara teratur, mengintimidasi penduduk setempat dengan anjing polisi, dengan sengaja menyerang warga dan menghancurkan barang-barang pribadi mereka.

Operasi keamanan Israel dimulai saat fajar Selasa pekan lalu setelah seorang tentara Israel kepalanya dilempar batu dari atas bangunan hingga tewas. Akibatnya, kediaman itu digerebek puluhan kali dan sejumlah penghuninya ditangkap, termasuk wanita dan anak-anak.

Ratusan penduduk kota tetangga Araba berpartisipasi dalam pawai kendaraan menuju Ya`bad untuk mengekspresikan penolakan mereka terhadap langkah-langkah keamanan yang diberlakukan oleh Israel di daerah tersebut. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)