Pasukan Israel Pukuli Staf Sekolah Palestina dan Tembakkan Gas Air Mata

Bethlehem, MINA – pada Rabu (29/12) menyerang staf dan siswa sebuah di kota Tuqu‘, sebelah timur kota Betlehem, menurut sumber resmi.

Kementerian Pendidikan (MoE) Palestina mengatakan bahwa sejumlah tentara Israel berusaha masuk ke kampus Sekolah Menengah Tuqu‘ Boys, ketika mereka dihentikan oleh staf sekolah.

Setelah perkelahian dengan staf untuk mencegah mereka membobol kampus sekolah, para tentara memukuli para guru dengan popor senapan.

Kepala sekolah dan seorang guru ditinggalkan dengan memar di tubuh dan wajah mereka.

Tentara menembakkan gas air mata dan bom gegar otak di dalam sekolah, menyebabkan kasus pingsan di antara puluhan siswa dan staf.

Kementerian Pendidikan menunjukkan bahwa sekolah Tuqu sering menjadi sasaran serangan militer Israel. Tentara sering melepaskan tembakan ke arah sekolah, menghalangi akses siswa ke sekolah tersebut dan pengerahan militer berat di daerah sekitarnya.

Serangan terhadap pendidikan oleh pasukan militer Israel dan pemukim Israel di Palestina merupakan pelanggaran berat terhadap hak atas pendidikan dan pembangunan. Serangan-serangan ini terutama terjadi di daerah-daerah paling rentan di Tepi Barat – Area C, H2 dan Yerusalem.

Israel telah membangun bagian tembok apartheid di dekat Tuqu‘, menyita dan mengisolasi sekitar 4.843 dunam tanah subur untuk kegiatan permukiman colonial. Israel mendorong penduduk desa ke dalam kantong yang padat, ghetto, dikelilingi oleh tembok, permukiman dan instalasi militer. (T/RI-1/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)