PASUKAN ISRAEL TEMBAK PRIA PALESTINA DI UTARA GAZA

Pasukan Israel
Foto: Ma’an News Agency
Foto: Ma’an News Agency

Gaza, 5 Muharram 1436/29 Oktober 2014 (MINA)- Pasukan Israel menembak dan melukai seorang pria Palestina di pantai utara Jalur Gaza.

“Seorang pria (27) terluka parah setelah ditembak pada bagian paha di Beit Lahiya,” kata juru bicara Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza Ashraf Al-Qidra, seperti dilaporkan Ma’an News Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Rabu.

Pria yang menjadi korban diidentifikasi hanya dengan inisial namanya “S.Gh.” langsung dibawa ke Rumah Sakit Kamal Udwan.

Seorang juru bicara militer Israel juga mengkonfirmasi insiden tersebut dengan mengatakan bahwa ada dua warga Palestina yang mendekati pagar keamanan di utara Jalur Gaza.

Juru bicara militer Israel yang tidak disebutkan namanya mengatakan, pasukan Israel meminta mereka untuk pergi, tapi ketika mereka tidak mematuhi, kemudian tentara melepaskan tembakan peringatan ke udara dan mengeluarkan tembakan yang ekstrim dan mengenai mereka.

Pada 26 Agustus lalu telah disepakati gencatan senjata oleh gerakan perlawanan di Gaza dan pasukan Israel untuk mengakhiri peperangan, dengan Israel berjanji untuk mengakhiri serangan di jalur Gaza dan mempermudah peraturan penangkapan ikan.

Para pihak juga sepakat untuk mengadakan pertemuan lanjutan secara langsung di Mesir untuk merinci permasalahan-permasalahan yang ada. Namun pertemuan ditunda hingga November setelah terjadi serangan mematikan terhadap pasukan keamanan di Mesir.

Sejak gencatan senjata disepakati, pasukan Israel telah menembaki beberapa nelayan dengan alasan mereka telah melampaui batas baru yang ditetapkan yaitu enam mil dari pantai.

Sebelum tercapainya kesepakatan genjata senjata, serangan Israel telah menewaskan lebih dari 2.100 warga Palestina, kebanyakan warga sipil, dan nelayan hanya diizinkan mencari ikan untuk jarak tiga mil dari pantai. (T/P010/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0