PASUKAN MILITER ISRAEL TUTUP TIGA JALAN DI DESA TEPI BARAT

329406C
File foto dari pawai di Kafr Qaddum. (MaanImages)

Qalqilyia, 22 Syawwal/7 Agustus – Pasukan militer Israel Kamis (6/8) kemarin, menutup tiga jalan menuju lahan pertanian milik warga Palestina di Kafr Qaddum, Desa Qalqiliya, utara Tepi Barat,  dan menebang beberapa pohon zaitun.

Seorang koordinator lokal untuk perlawanan rakyat, Murad Shtewe, mengatakan, pasukan militer Israel baru-baru ini melakukan pelanggaran terhadap warga desa dalam upaya untuk menghentikan unjuk rasa pekanan setiap Jumat.

Pasukan militer Israel juga menumbangkan tiga pohon zaitun milik seorang warga Palestina, Ali Abdul-Rahim, demikian Ma’an News Agency melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Jumat (7/8).

Warga Kafr Qaddum melakukan protes secara teratur, termasuk rutin setiap pekan pada Jumat sejak Maret lalu, untuk memprotes penyitaan tanah serta penutupan jalan di wilayah selatan desa oleh pasukan militer Israel.

Jalan, yang telah ditutup selama 13 tahun, merupakan jalur utama menuju kota terdekat dari Kota Nablus, pusat ekonomi terdekat.

Kafr Qaddum telah kehilangan sebagian besar wilayah tanah untuk perluasan permukiman, pos-pos dan tembok pemisah rasis Israel, yang semuanya ilegal menurut hukum internasional.

Menurut Lembaga Penelitian Terapan Yerusalem, lebih dari 10 persen lahan desa telah disita untuk pembentukan permukiman ilegal Israel saja, seperti permukiman Kedumim, Kedumim Zefon, Jit, dan Givat HaMerkaziz.(T/nda/R05)

 

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0