Patung Bung Karno Akan Dibangun di Moskow

Moskow, MINA – , Soekarno akan dibangun di Taman Seni Museon Moskow oleh Pemerintah Rusia. Ketua Komisi Seni Monumental Duma Kota Moskow, Igor Voskresensky, mengatakan, pembangunan patung Bung Karno itu sebagai langkah mempererat hubungan bilateral yang telah terjadi antara Rusia dan Indonesia.

“Pembangunan patung Presiden Soekarno dimaksudkan sebagai tanggapan atas dibukanya patung kosmonot Uni Soviet Yuri Gagarin. Monumen ini didirikan di Ibu Kota Indonesia, Jakarta, di Taman Mataram dan diresmikan pada 11 Maret 2021,” cuit akun Twitter resmi Kedubes Rusia, Sabtu (10/6).

Patung Sukarno itu juga memiliki nilai historis. Sukarno diketahui sempat berkunjung ke Rusia pada tahun 1956 silam.

Kunjungan itu terekam dalam sebuah produksi film dokumenter dari Studio Film Dokumenter Pusat Uni Soviet.

Dalam film tersebut Sukarno tampak mengunjungi Galeri Tretyakov dan berjalan di tepi sungai Moskow yang saat ini berdiri Taman Seni Museon.

“Jika kita membuat analogi sejarah, Sukarno pernah berkunjung ke lokasi yang sekarang dipilih untuk patung beliau,” katanya.

Patung kosmonot Uni Soviet, Yuri Gagarin, berdiri megah di Taman Mataram, Jakarta Pusat. Patung itu diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta kala itu, Anies Baswedan, pada tahun 2021. (R/R4/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.