SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

PBB Adopsi Resolusi Keanggotaan Penuh Palestina

Ali Farkhan Tsani - Sabtu, 11 Mei 2024 - 05:45 WIB

Sabtu, 11 Mei 2024 - 05:45 WIB

0 Views

New York, MINA – Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa yang beranggotakan 193 negara mengadopsi resolusi keanggotaan penuh Palestina di PBB.

Resolusi tersebut mendukung upaya Palestina untuk menjadi anggota penuh PBB dan merekomendasikannya ke Dewan Keamanan PBB untuk “mempertimbangkan kembali masalah ini dengan baik”.

Pemungutan suara yang dilakukan oleh Majelis Umum PBB pada hari Jumat (10/5) itu, menghasilkan 143 suara mendukung, 9 suara menentang dan 25 abstain. Al Jazeera melaporkan.

Hasil ini merupakan survei global mengenai dukungan terhadap upaya Palestina untuk menjadi anggota penuh PBB, sebuah langkah yang secara efektif akan mengakui negara Palestina, setelah Amerika Serikat memvetonya di Dewan Keamanan PBB bulan April lalu.

Baca Juga: Aksi Pro-Palestina di London, Polisi Tangkap Lima Orang

Hasil voting ini tidak otomatis memberikan Palestina keanggotaan penuh di PBB, namun hanya mengakui Palestina memenuhi syarat untuk bergabung.

Resolusi Majelis Umum PBB “menetapkan bahwa Negara Palestina, oleh karena itu harus diterima menjadi anggotanya dan merekomendasikan agar Dewan Keamanan mempertimbangkan kembali masalah ini dengan baik”.

Meskipun Majelis Umum PBB sendiri tidak dapat memberikan keanggotaan penuh di PBB, rancangan resolusi pada hari Jumat akan memberi Palestina beberapa hak dan keistimewaan tambahan mulai bulan September 2024.

Hak itu seperti kursi di antara anggota PBB di aula pertemuan, tetapi belum diberikan hak suara di Majelis Umum PBB.

Baca Juga: Balas Serangan Israel, Hizbullah Luncurkan Operasi Udara

Palestina masih masih berstatus negara pengamat. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Pelapor Khusus PBB: Dunia Tetap Diam Melihat Situasi di Gaza

Rekomendasi untuk Anda

Khutbah Jumat
Indonesia
Palestina
Internasional
Internasional