PBB Akan Distribusikan Bantuan Tunai Qatar kepada Keluarga Gaza

Ilustrasi: Warga Palestina tiba di kantor pos untuk menerima bantuan keuangan Qatar di Gaza City, Gaza pada 30 Desember 2020. [Ali Jadallah - Anadolu Agency]

Doha, MINA – Komite Qatar untuk Rekonstruksi Jalur Gaza dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah menandatangani nota kesepahaman (MoU), guna mendistribusikan bantuan Qatar kepada 100.000 keluarga yang membutuhkan di Jalur Gaza, kata seorang diplomat senior.

Duta Besar Qatar untuk Palestina dan Ketua Komite, Mohammed al-Emadi, mengatakan dalam sebuah pernyataan, ia telah menandatangani MoU dengan Koordinator Khusus PBB untuk Proses Perdamaian Timur Tengah, Tor Wennesland.

“Bantuan tunai akan disalurkan kepada penerima manfaat melalui Program Pangan Dunia PBB (WFP), di mana sekitar 100.000 keluarga yang membutuhkan di Jalur Gaza akan menerima bantuan ini per bulan, dengan biaya 100 dolar AS per keluarga secara tunai,” kata Dubes Al-Emadi, MEMO melaporkan.

Menurut keterangannya, bantuan tersebut akan ditransfer sebelum akhir Agustus untuk disalurkan pada September.

Uang tunai tersebut merupakan bagian dari hibah senilai $360 juta yang dijanjikan oleh Emir Qatar, Tamim Bin Hamad Al Thani, kepada rakyat Jalur Gaza pada Januari yang akan dicairkan pada 2021.

Namun, sejak Mei Israel menolak mentransfer dana ke Gaza dengan mengatakan, Hamas akan menggunakan uang itu dalam kegiatan perlawanannya. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.