Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

PBB Akan Investigasi Tuduhan Apartheid Terhadap Israel

sajadi - Sabtu, 29 Oktober 2022 - 14:52 WIB

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 14:52 WIB

2 Views

ilustrasi: thecommentator.com

New York, MINA – Komisi Penyelidikan PBB mengumumkan, penyelidikan terhadap tuduhan apartheid Israel akan segera dimulai, Middle East Monitor melaporkan, Sabtu (29/10).

Dalam sebuah pernyataan di Markas PBB New York, Amerika Serikat, Kamis (27/10), tiga anggota Komisi PBB mengatakan laporan ke depan akan menyelidiki apartheid yang dilakukan Israel terhadap Palestina.

Mereka mengatakan, sejauh ini penyelidikan fokus terhadap akar masalah konflik yang dikonfirmasi meningkat akibat pendudukan ilegal Israel di Tepi Barat yang diduduki.

Mantan Kapala HAM PBB Navi Pillay yang juga merupakan kepala Komisi Penyelidikan mengatakan, apartheid adalah sebuah manifestasi dari pendudukan.

Baca Juga: Israel Bunuh 173 Jurnalis Palestina Sejak Oktober 2023 

“Kita fokus pada akar masalah yaitu pendudukan dan sebagian darinya terletak pada apartheid. Kita akan menuju itu. Itulah keindahan dari mandat terbuka ini, ini memberi kita ruang lingkup,” kata Pillay.

Komisi tersebut dibentuk pasca serangan 11 hari Israel ke Gaza pada Mei 2021 yang telah menewaskan dan melukai warga sipil, pilihan ribu warga mengungsi, rumah-rumah dan infrastruktur vital hancur serta pasokan layanan dasar sangat terganggu.

Anggota Komisi Miloon Kothari juga mengatakan, sifat penyelidikan yang terbuka memungkinkannya untuk memeriksa tuduhan apartheid.

“Kami akan mencapainya karena kami memiliki banyak waktu dan masalah untuk dilihat,” katanya.

Baca Juga: Israel Gali Parit di Perbatasan Yordania

“Kami pikir pendekatan yang komprehensif diperlukan sehingga kami harus melihat masalah kolonialisme pemukim,” tambah Kothari.

Apartheid sendiri, lanjutnya adalah paradigma yang sangat berguna, jadi memiliki pendekatan yang sedikit berbeda tetapi pasti akan mencapainya.

Awal bulan ini, 143 negara anggota PBB, termasuk Israel, memberikan suara mendukung resolusi Majelis Umum yang menegaskan kembali bahwa setiap upaya aneksasi sepihak atas wilayah suatu negara oleh negara lain merupakan pelanggaran hukum internasional.

Komisi Penyelidikan mendedikasikan sebagian besar laporannya untuk meninjau dampak pendudukan Israel dan kebijakan aneksasi de facto terhadap hak asasi manusia Palestina.

Baca Juga: Pemukim Ilegal Israel Rebut Apartemen Palestina di Yerusalem

Pada 27 Mei 2021, Dewan HAM setuju untuk membentuk komisi penyelidikan internasional yang independen dan berkelanjutan untuk menyelidiki semua dugaan pelanggaran hukum humaniter internasional serta pelanggaran hukum HAM internasional di Wilayah Pendudukan Palestina, termasuk Yerusalem Timur dan di Israel.

Komisi telah memublikasikan beberapa laporan sejak pembentukannya. (T/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Satu-Satunya Toko Roti di Gaza Utara Terancam Tutup

Rekomendasi untuk Anda