Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

PBB Butuh 18,5 Juta Dolar untuk Obati Mpox di Afrika

Arina Islami Editor : Widi Kusnadi - Rabu, 21 Agustus 2024 - 22:37 WIB

Rabu, 21 Agustus 2024 - 22:37 WIB

13 Views

Ilustrasi Mpox (cacar monyet) yang menginfeksi warga Kongo, Afrika Tengah. (Foto: Arise News)

Jenewa, MINA – Badan PBB, Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) pada Rabu (21/8) mengajukan permohonan bantuan sebesar $18,5 juta untuk digunakan dalam menyediakan layanan perawatan kesehatan penting bagi para migran, pengungsi domestik(IDP), dan masyarakat di Afrika Timur, Selatan, dan Somalia yang berisiko terkena Mpox (Monkeypox/cacar monyet).

Badan PBB itu dalam sebuah pernyataan mengatakan pihaknya prihatin terhadap para migran, pengungsi domestik, dan populasi di wilayah tersebut yang cenderung berisiko jauh lebih besar terhadap infeksi karena kondisi tempat tinggal mereka, gaya hidup, serta keterbatasan perawatan kesehatan dan medis.

IOM mengatakan rencana seruan, kesiapsiagaan dan tanggapannya dirancang untuk mengurangi risiko paparan penyakit bagi kelompok rentan itu.

“Dana sebesar $18,5 juta yang dibutuhkan akan digunakan untuk meningkatkan kapasitas dalam menanggapi kebutuhan para migran, pengungsi domestik, dan masyarakat tuan rumah, dengan mendukung tindakan pencegahan, pengendalian, dari penularan, khususnya di wilayah perbatasan,” kata IOM, dikutip Anadolu.

Baca Juga: Trend Sleep Hygiene, Pola Tidur Sehat!

Badan migrasi PBB itu mengatakan, pendanaan tersebut akan digunakan untuk membangun kapasitas pekerja kesehatan nasional dan relawan, yang memungkinkan melakukan identifikasi daerah berisiko tinggi untuk memastikan pemantauan penyakit dan mengurangi penyebarannya.

Menurut angka terbaru CDC Afrika, sebanyak 17.541 kasus Mpox dan 517 kematian sejauh ini telah dilaporkan dari 13 negara Afrika.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Pemkot Surabaya Terbitkan Surat Edaran Waspada Risiko Mpox

Rekomendasi untuk Anda

MINA Health
Asia
Indonesia
MINA Health
MINA Millenia
Palestina
Palestina
Khadijah
MINA Health